Pengaruh bimbingan keagamaan orang tua terhadap akhlak anak di masyarakat nelayan Kelurahan Klidang Lor Kec. Batang Kab. Batang

Kasdi, Kasdi (2008) Pengaruh bimbingan keagamaan orang tua terhadap akhlak anak di masyarakat nelayan Kelurahan Klidang Lor Kec. Batang Kab. Batang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_3103024_kasdi]
Preview
Text (skripsi_3103024_kasdi)
3103024_KASDI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kasdi (NIM: 3103024) “Pengaruh Bimbingan Keagamaan Orang Tua Terhadap Akhlak Anak Di Masyarakat Nelayan Kelurahan Klidang Lor Kec. Batang Kab. Batang”. Skripsi. Semarang: Program Strata I (S.1) Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Walisongo 2008.
Permasalahan: bagaimana bimbingan keagamaan orang tua di masyarakat nelayan Kelurahan Klidang Lor Kec. Batang, bagaimana akhlak anak di masyarakat nelayan Kelurahan Klidang Lor Kec. Batang dan adakah pengaruh antara bimbingan keagamaan orang tua terhadap akhlak anak di masyarakat nelayan Kelurahan Klidang Lor Kec. Batang Kab. Batang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bimbingan keagamaan orang tua di masyarakat nelayan Kelurahan Klidang Lor Kec. Batang, untuk mengetahui bagaimana akhlak anak di masyarakat nelayan Kelurahan Klidang Lor Kec. Batang Kab. Batang dan untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara bimbingan keagamaan orang tua terhadap akhlak anak di masyarakat nelayan Kelurahan Klidang Lor Kec. Batang Kab. Batang.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan teknik analisis regresi sederhana (satu prediktor). Pengumpulan data dengan menggunakan metode angket dan metode dokumentasi.
Dari perhitungan rata-rata bimbingan keagamaan orang tua di masyarakat nelayan Kelurahan Klidang Lor Kec. Batang Kab. Batang diketahui nilainya sebesar 56,63. Dalam hal ini termasuk dalam kategori “cukup baik” yaitu terletak pada interval 56 - 60.
Sedangkan dari perhitungan rata-rata akhlak anak di masyarakat nelayan Kelurahan Klidang Lor Kec. Batang Kab. Batang diketahui nilainya sebesar 56,1 dalam hal ini termasuk dalam kategori “cukup baik” yaitu terletak pada interval 49 - 59.
Dari hasil koefisien korelasi ternyata terdapat hubungan positif antara bimbingan keagamaan orang tua, dengan akhlak anak di masyarakat nelayan Kelurahan Klidang Lor Kec. Batang Kab. Batang. Hal ini ditunjukkan dari hasil koefisien korelasi, r xy = 0.409> 0.312 pada taraf 5%, berarti signifikan, dan r xy = 0.409 > 0,403 pada taraf 1%, berarti signifikan
Dari hasil analisis uji X terhadap Y diketahui nilainya = 7,61. Setelah dicocokkan dengan pada taraf signifikansi 5% yang nilainya 4,10 dan 1% yang nilainya 7,35 ternyata > , maka signifikan.
Dengan demikian hasil akhir penelitian menyatakan bahwa ada pengaruh positif antara bimbingan keagamaan orang tua terhadap akhlak anak di masyarakat nelayan Kelurahan Klidang Lor Kec. Batang Kab. Batang, dan hipotesis diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Akhlak anak; Masyarakat nelayan; Bimbingan keagamaan; Orang tua
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 09 Jul 2020 03:02
Last Modified: 09 Jul 2020 03:02
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11491

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics