Pengaruh penerapan metode resitasi terhadap kemandirian peserta didik dalam belajar PAI di kelas XI SMA Negeri 1 Weru Sukoharjo

Istiqomah, Istiqomah (2008) Pengaruh penerapan metode resitasi terhadap kemandirian peserta didik dalam belajar PAI di kelas XI SMA Negeri 1 Weru Sukoharjo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_3103027_istiqomah]
Preview
Text (skripsi_3103027_istiqomah)
3103027_ISTIQOMAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Istiqomah (NIM: 3103027) Pengaruh Penerapan Metode resitasi terhadap Kemandirian Peserta Didik dalam Belajar PAI dikelas XI SMAN 1 Weru Sukoharjo. Skripsi. Semarang: Program Strata 1 Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Walisongo 2008.

Permasalahan: (1) bagaimana penerapan metode resitasi bidang studi Pendidikan Agama Islam (X) dikelas XI SMAN 1 Weru Sukoharjo. (2) bagaimana kemandirian peserta didik dalam belajar PAI(Y) dikelas XI SMAN 1 Weru Sukoharjo. (3) adakah pengaruh antara penerapan metode resitasi (X) terhadap kemandirian siswa dalam belajar PAI (Y) Kelas XI bidang studi Pendidikana Agama Islam di SMAN 1 Weru Sukoharjo.

Penelitian ini betujuan untuk: (1) mengetahui penerapan metode resitasi bidang studi Pendidikan Agama Islam (X) dikelas XI SMAN 1 Weru Sukoharjo. (2) mengetahui kemandirian peserta didik dalam belajar PAI (Y) dikelas XI SMAN 1 Weru Sukoharjo. (3) mengetahui pengaruh antara penerapan metode resitasi (X) terhadap kemandirian siswa dalam belajar PAI (Y) Kelas XI bidang studi Pendidikana Agama Islam di SMAN 1 Weru Sukoharjo.

Penelitian ini menggunakan metode survei dengan tehnik analisis regresi sederhana (satu predictor). Subyek penelitian sebanyak 42 responden, menggunakan penelitian sampel. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan random sampling atau cara undian. Pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, metode wawancara, metode angket dan metode dokumentasi

Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis regresi dan korelasi. Pengujuian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan metode resitasi di kelas XI SMA N 1 Weru Sukoharjo dalam kategori ”tinggi”. Keadaan ini dapat diketahui dari nilai rata-rata variabel penerapan metode resitasi. Perhitungan nilai rata-rata tersebut 44,45, nilai ini berada pada interval 44-50, yakni dalam kategori ”Tinggi”. (2) Kemandirian peserta didik dalam belajar PAI di kelas XI SMA N 1 Weru Sukoharjodalam kategori ”cukup. Hal ini dapat diketahui dari nilai rata-rata variabel kemandirian peserta didik dalam belajar PAI yang berjumlah 42,36, nilai ini terletak pada interval 35-42, yakni dalam kategori ”cukup”. (3) hasil Fhitung = 68,78 > Ft 5 % = 4,08 signifikan, dan Fhitung = > Ftabel 1 % = 7,31 signifikan. Persamaan regresi antara variabel (X) dengan variabel (Y) . Sehingga hasil akhir dari penelitian ini terdapat pengaruh antara penerapan metode resitasi terhadap kemandirian perserta didik dalam belajar PAI di kelas XI SMA Negeri 1 Weru Sukoharjo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kemandirian belajar; Metode pembelajaran; Metode resitasi; Pendidikan Agama Islam (PAI)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 09 Jul 2020 03:09
Last Modified: 09 Jul 2020 03:09
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11492

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics