Kepemimpinan visioner untuk meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kendal

Mufaizah, Anik (2008) Kepemimpinan visioner untuk meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kendal. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_3103037_anik_mufaizah]
Preview
Text (skripsi_3103037_anik_mufaizah)
3103037_ANIK_MUFAIZAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Anik Mufaizah (NIM: 3103037). Kepemimpinan Visioner Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kendal. Skripsi. Semarang : Program Strata 1 Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo, 2008.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Kebijakan yang diambil kepala madrasah dalam mencapai visi, misi dan tujuan MTs Negeri Kendal. 2) Upaya merealisasi kepemimpinan visioner untuk kemajuan MTs Negeri Kendal.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan pendekatan induktif.

Hasl penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan visioner di MTs Negeri Kendal telah dijalankan dengan optimal. Hal ini dapat dilihat diantaranya pada 1) Merumuskan visi, kepala MTs Negeri Kendal telah merubah visi madrasah menjadi lebih fokus. Berorientasi ke depan dengan cara evaluasi terhadap kepemimpinan setiap tahun dan setiap menyelesaikan suatu program. Berprinsip pada lima prinsip MTs Negeri Kendal, yaitu tertib dan disiplin, ahlakul karimah, ibadah,ukhuwah islamiyah, dan profesional. Program peningkatan mutu sumber daya manusia, misalnya dengan selalu berinovasi dalam memberikan pelayanan pendidikan, misalnya pengadaan homevisit bagi kelas IX yang akan menghadapi ujian, keseimbangan antara pelajaran teori dan praktik, dan pengadaan sarana prasarana penunjang pelajaran siswa dan kinerja guru dan karyawan. 2) menjalin hubungan, dengan komunikasi kepala MTs Negeri Kendal senantiasa membina hubungan baik antara guru, karyawan dan siswa, serta kepada para stakeholder MTs Negeri Kendal. Kepala MTs Negeri Kendal mengendalikan segala aspek yang ada di madrasah demi kinerja masing-masing bidang dan tetap mendukung kreativitas yang dimiliki para siswa, guru dan karyawan. Kepala MTs Negeri Kendal melakukan dorongan bagi tenaga kependidikan dan seluruh siswa agar dapat terus berprestasi. Kepala MTs Negeri Kendal selalu memberikan informasi, informasi ini dapat digunakan sebagai salah satu upaya peningkatan mutu pendidikan di MTs Negeri Kendal.

Berdasarkan penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, tenaga pengajar, para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan visioner; Mutu pendidikan; Madrasah tsanawiyah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 09 Jul 2020 03:53
Last Modified: 09 Jul 2020 03:53
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11496

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics