Implementasi Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran perawatan jenazah di SMA Negeri 6 Semarang

Ulfa, Alif Khoirotun (2008) Implementasi Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran perawatan jenazah di SMA Negeri 6 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo Semarang.

[thumbnail of skripsi_3103039_alif_khoirotun_ulfa]
Preview
Text (skripsi_3103039_alif_khoirotun_ulfa)
3103039_Alif_Khoirotun_Ulfa.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Alif Khoirotun Ulfa (NIM. 3103039), Implementasi Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Pembelajaran Perawatan Jenazah di SMA Negeri 6 Semarang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran perawatan jenazah di SMA Negeri 6 Semarang.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan kualitatif, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Metode pengumpulan data menggunakan 1) Observasi, untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran perawatan jenazah melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) serta keadaan umum di SMA Negeri 6 Semarang, 2) Interview/wawancara, yaitu untuk menggali keterangan secara lebih mendalam tentang hal-hal yang berkaitan dengan implementasi CTL dalam pembelajaran perawatan jenazah di SMA Negeri 6 Semarang, 3) Dokumentasi, untuk memperoleh dokumen-dokumen dan kebijakan yang terkait dalam penelitian ini.
Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Dalam analisis ini peneliti akan mendeskripsikan implementasi CTL dalam pembelajaran perawatan jenazah di SMA Negeri 6 Semarang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi CTL dalam pembelajaran perawatan jenazah di SMA Negeri 6 Semarang menggunakan 7 komponen yang ada dalam CTL yaitu (1) constructivism (konstruktivisme, membangun, membentuk), (2) inquiry (menyelidiki, menemukan) (3) questioning (bertanya), (4) learning community (masyarakat belajar), (5) modelling (pemodelan), (6) reflection (refleksi atau umpan balik), dan (7) authentic assessment (penilaian yang sebenarnya / penilaian nyata). Selain itu, dalam proses pembelajarannya menggunakan tahapan-tahapan yang dapat dirinci menjadi 3 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.
Pembelajaran perawatan jenazah melalui CTL yang terwujud, sudah hampir mendekati teori yang ada. Hal ini terbukti dalam proses pembelajarannya SMA Negeri 6 Semarang sudah mencakup beberapa tahapan yang ada dalam teori. Diantaranya, mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Pada tahap perencanaan, guru selalu membuat RPP sebelum PBM dilaksanakan dimana secara format dan skenario pembelajarannya tidak ada masalah, karena yang terpenting disini penekanannya adalah pada pelaksanaannya. Pada tahap pelaksanaan, guru telah melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan 7 komponen yang ada dalam CTL, walaupun dalam penggunaannya tidak secara urut tergantung dari kebutuhan. Sedangkan pada tahap evaluasi sudah mencakup ranah kognitif, afektif dan psikomotor dimana dalam penilaiannya tidak hanya menggunakan hasil tes akhir saja, melainkan juga penilaian proses.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Contextual teaching and learning (CTL); Metode pembelajaran; Pendidikan Agama Islam (PAI)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 16 Sep 2020 02:11
Last Modified: 28 Jul 2021 07:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11498

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics