Pengaruh Strategi Diferensiasi dan Positioning Produk terhadap Motivasi Nasabah (Studi pada Produk Tabungan Investa Cendekia di Bank Syariah Mandiri KCP Banyumanik Semarang)

Khasanah, Niswatun (2013) Pengaruh Strategi Diferensiasi dan Positioning Produk terhadap Motivasi Nasabah (Studi pada Produk Tabungan Investa Cendekia di Bank Syariah Mandiri KCP Banyumanik Semarang). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
092411126_Coverdll.pdf - Supplemental Material

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
092411126_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
092411126_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
092411126_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
092411126_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
092411126_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
092411126_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
092411126_Lampiran.pdf - Supplemental Material

Download (151kB) | Preview

Abstract

Semakin ketatnya persaingan menjadikan Bank Syariah Mandiri harus selalu memiliki inovasi terhadap produk yang akan ditawarkan. Salah satu produk penghimpun dana ( Funding ) yang ditawarkan oleh Bank Syariah Mandiri yang dapat memotivasi nasabah untuk mengambil produk tersebut adalah produk tabungan investa cendekia, dalam meluncurkan produk tersebut BSM memiliki strategi khusus untuk dapat memotivasi masyarakat yaitu dengan strategi diferensiasi dan positioning produk. Penelitian ini menjelaskan masalah apakah ada pengaruh strategi diferensiasi dan positioning produk terhadap motivasi nasabah dalam mengambil produk TIC di BSM KCP Banyumanik Semarang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif yang memiliki dua variabel yaitu Strategi diferensiasi dan Positioning Produk sebagai variabel bebas ( independent) dan Motivasi nasabah sebagai variabel terikat ( dependent). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Populasi penelitian ini sebanyak 32 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh yaitu teknik penentuan sampel yang semua anggota populasi digunakan sebagai sampel, Sedangkan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data menggunakan kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, reliabilitas dan analisis regresi berganda. teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan membagikan kepada nasabah pengguna produk TIC di BSM KCP Banyumanik Semarang, teknik analisa menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi, uji multikolinieritas, analisis linier berganda, uji F, dan uji T. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa strategi diferensiasi dan positioning produk TIC secara persial maupun simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi nasabah di BSM KCP Banyumanik Semarang. Uji F dan Uji T menghasilkan nilai yang signifikan < 0,05. Kemudian nilai R Square sebesar 0,329 yang artinya variabel independent mampu mempengaruhi variabel dependen sebesar 32,9 %, sedangkan sisanya sebesar 67,1 % dijelaskan variabel lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi Diferensiasi; Positioning Produk; Motivasi Nasabah; Bank Syariah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Islam
Depositing User: Mohammad Kharisun
Date Deposited: 20 Dec 2013 06:59
Last Modified: 20 Dec 2013 06:59
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1150

Actions (login required)

View Item View Item