Studi analisis terhadap pelaksanaan take over di PT. federal international finance syari'ah cabang Kudus

Chamidun, Abdillah (2009) Studi analisis terhadap pelaksanaan take over di PT. federal international finance syari'ah cabang Kudus. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text (NIM_2104057_Skripsi_Lengkap)
2104057_Skripsi Full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Take over merupakan pengalihan hak dan kewajiban dalam hukum Islam serupa dengan pengalihan hutang (hiwalah). Dalam hal ini terjadi perpindahan tanggungan atau hak dari satu orang kepada orang lain. Dalam istilah ulama, hiwalah adalah pemindahan beban hutang dari muhil (orang yang berhutang) menjadi tanggungan muhal ‘alaih (orang yang berkewajiban membayar hutang). Saat ini, akad pengalihan hutang (hiwalah) juga dapat diaplikasikan di lembaga pembiayaan khususnya pembiayaan konsumen yang berbasis Syari’ah, seperti pengalihan hak dan kewajiban (take over). Akad pengalihan hak dan kewajiban (take over) digunakan jika terjadi penerima fasilitas tidak memenuhi prestasi yaitu melunasi kewajiban membayar biaya angsuran pembayaran kepada pemberi fasilitas yang sudah jatuh tempo. Dalam pelaksanaannya transaksi pengalihan hak dan kewajiban (take over), PT. FIF Syari’ah Cabang Kudus mengenakan biaya administrasi sebagai biaya addendum pengalihan. Hal ini berbeda dengan teori dasar akad pengalihan hutang (hiwalah), yakni akad tabarru’ yang merupakan akad yang bertujuan untuk tidak mencari keuntungan. Selain itu mengenai penerima fasilitas baru sebelumnya tidak mempunyai hutang kepada penerima fasilitas, sehingga jika dilihat, praktek tersebut hampir sama dengan kafalah dan ini harus dengan keridloan tiga pihak (muhil, muhal dan muhal ‘alaih). Penelitian ini bermaksud melihat dan menganalisis praktek pelaksanaan take over ditinjau dari hukum Islam. Jenis penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan), dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa interview, observasi dan dokumentasi. Dalam penulisan ini penulis menggunakan pendekatan masalah normatif yaitu data yang terkumpul, kemudian dihadapkan dengan ketentuan hukum yang sebenarnya, apakah hukum syara’ mengatur demikian atau tidak. Sedangkan, metode analisis dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik dengan pola pikir induktif. Setelah melakukan penelitian di PT.FIF Syari’ah Cabang Kudus tentang pelaksanaan take over, dapat ditemukan beberapa temuan penelitian yaitu : dari segi subyek, akad pengalihan hak dan kewajiban (take over) yang dilakukan di PT.FIF Syari’ah Cabang Kudus kurang sesuai dengan hiwalah karena sebelumnya penerima fasilitas baru tidak mempunyai hutang kepada pihak pertama. Penerima fasilitas sebagai muhil, penerima fasilitas baru sebagai muhal ‘alaih, pihak FIF Syari’ah sebagai muhal melakukan transaksi dengan iktikad baik dan berasaskan kebebasan berkontrak. Sedangkan dari segi obyek yakni hutang yang dialihkan (muhal bih), dibolehkan karena hutang sudah jelas baik dalam segi jumlah maupun jatuh temponya. Dari segi sighah, sesuai dengan ketentuan hukum Islam karena para pihak yang melakukan transaksi hadir dalam satu majlis dan para pihak sepakat tanpa adanya paksaan dari pihak manapun.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)NIDN/NIDK
Thesis advisorSahidin, SahidinNIDN2021036701
Thesis advisorSaekhu, SaekhuNIDN2020016902
Uncontrolled Keywords: pelaksanaan take over; PT. Federal International Finance Syari'ah cabang Kudus
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.39 Other Practices (Incl. Halal Food, Syirik, Munafiq)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Hartono Hartono
Date Deposited: 17 Sep 2020 02:49
Last Modified: 01 Oct 2020 02:20
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11504

Actions (login required)

View Item View Item