Upaya meningkatkan motivasi membaca Al-Qur’an siswa melalui metode tadarus dalam pembelajaran PAI : studi tindakan pada kelas XII bhs SMA Negeri 8 Semarang th. pelajaran 2007/2008

Qurbaningrum, Dwi Nur Septiani (2008) Upaya meningkatkan motivasi membaca Al-Qur’an siswa melalui metode tadarus dalam pembelajaran PAI : studi tindakan pada kelas XII bhs SMA Negeri 8 Semarang th. pelajaran 2007/2008. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo Semarang.

[thumbnail of skripsi_3103059_dwi_nur]
Preview
Text (skripsi_3103059_dwi_nur)
3103059_Dwi_Nur_Septiani_Qurbaningrum.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dwi Nur Septiani Qurbaningrum (NIM: 3103059) Upaya Meningkatkan Motivasi Membaca Al-Qur’an Siswa Melalui Metode Tadarus Dalam Pembelajaran PAI (Studi Tindakan Pada Kelas XII Bahasa Di SMA Negeri 8 Semarang Th. Pelajaran 2007-2008). Skripsi. Semarang : Program Strata 1 Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo, 2008.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui upaya apa yang dilakukan guru PAI untuk meningkatkan motivasi belajar membaca Al-Qur’an pada siswa kelas XII Bahasa di SMA Negeri 8 Semarang, (2) Mengetahui bagaimana perubahan motivasi membaca Al-Qur’an siswa melalui metode tadarus dalam pembelajaran PAI.
Penelitian ini menggunakan metode studi tindakan (action research) pada siswa dengan metode spiral dari Kemmis dan Taggart yang terdiri dari beberapa siklus. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode wawancara, metode tes, metode dokumentasi dengan teknik analisis triangulasi yaitu membandingkan data yang diperoleh dengan data lain, atau kriteria tertentu yang telah baku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat keberhasilan dalam menggunakan metode tadarus untuk meningkatkan motivasi membaca Al-Qur’an siswa yang dilakukan pada kelas XII Bahasa di SMA Negeri 8 Semarang, yaitu ditunjukkan dengan adanya perubahan sikap siswa dalam memberikan perhatian, respon, dan keaktifan siswa dalam melaksanakan kegiatan mengaji Al-Qur’an yang dapat dilihat berdasarkan perolehan jumlah skor yang meningkat dari siklus I sampai pada siklus III, yaitu dari 60 skor meningkat menjadi 90 skor. Kemudian dapat kita lihat dari hasil tes penilaian kemampuan membaca Al-Qur’an melalui metode tadarus yang ditunjukkan pada hasil tes tersebut yaitu dengan nilai tertinggi kelas yang mulanya hanya mendapat 85 skor nilai yang diperoleh siswa dengan nama Anita Nurrohmah, meningkat menjadi 90 skor nilai yang diraih atas nama siswa yang sama dan nilai terendah siswa dengan perolehan skor nilai 70 diperoleh 2 siswa atas nama Muzasaroh dan Septiana Endra Nur Hayati kemudian meningkat menjadi 73 skor nilai diperoleh siswa atas nama Septiana Endra Nur Hayati.
Berdasarkan penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, tenaga pengajar, para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan dilingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar; Membaca Al-Qur'an; Tadarus; Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 09 Jul 2020 07:06
Last Modified: 28 Jul 2021 07:06
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11506

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics