Pengaruh persepsi siswa pada pendekatan jelajah alam sekitar (jas) dalam materi gerak tumbuhan terhadap motivasi belajar di MTS Nurul Ikhsan Gabus Grobogan

Munafiah, Munafiah (2009) Pengaruh persepsi siswa pada pendekatan jelajah alam sekitar (jas) dalam materi gerak tumbuhan terhadap motivasi belajar di MTS Nurul Ikhsan Gabus Grobogan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text (NIM_3104120_Skripsi_Lengkap)
3104120_Skripsi_Lengkap.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengaruh persepsi siswa pada Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) dalam Materi Gerak Tumbuhan di MTs Nurul Ikhsan Gabus Grobogan. 2) Bagaimana Motivasi Belajar Siswa pada Materi Gerak Tumbuhan di MTs Nurul Ikhsan Gabus Grobogan. 3) Bagaimana Persepsi Siswa pada Pendekatan Jelajah Alam Sekitar dalam Materi Gerak Tumbuhan terhadap Motivasi Belajar Kelas VIII di MTs Nurul Ikhsan Gabus Grobogan. Penelitian ini menggunakan metode survai dengan teknik analisis regresi, populasi sebanyak 112, diambil 35% sehingga jumlah sampel 39 reponden. Pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi sebagai pelengkap. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial, pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis regresi satu prediktor. Dari hasil penelitian yang telah digunakan dari analisis deskriptif menunjukkan bahwa pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) dalam materi gerak pada tumbuhan adalah “tinggi” dengan mean 79 yang setelah dicocokan pada table kualitas veriabel pendekatan JAS maka hasil tersebut terletak pada interval 78 – 83. Untuk variabel motivasi belajar siswa adalah “tinggi” dengan mean 79 terletak pada interval 75 – 80. Kemudian untuk mengetahui adanya pendekatan JAS dalam materi gerak pada tumbuhan terhadap motivasi belajar siswa dapat menggunakan teknik inferensial yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian. Dalam hal ini, penulis menggunakan analisis regresi satu prediktor. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara pendekatan JAS dengan motivasi belajar siswa ditunjukkan oleh koefisien korelasi Rxy = 0,485 pada taraf signifikan rt (0,05) = 0,361 dan rt (0,01) = 0,408 dengan demikian menunjukkan bahwa korelasi dua variabel signifikan atau hipotesa diterima. Sedangkan nilai Freg = 11,361 pada taraf signifikan Ft0,05 (1:37) = 4,10 dan Ft0,01(1:37) = 7,35 hal ini menunjukkan bahwa Freg > Ft0,05 dan Ft0,01 berarti signifikan dengan persamaan garis regresinya Ŷ = 38,01 + 0,519X. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi bagi para guru pengajar dan siswa untuk memenuhi kebutuhan siswa agar meningkatkan kualitas, prestasi, dan motivasi belajar.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)NIDN/NIDK
Thesis advisorLianah, LianahNIDN2013035901
Thesis advisorKarnadi, KarnadiNIDN2017036801
Uncontrolled Keywords: Persepsi Awal; Pembelajaran Biologi; Pendekatan Jelajah Alam Sekitar; Motivasi Belajar; Gerak Tumbuhan; Biologi SMP
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)
500 Natural sciences and mathematics > 570 Life sciences > 574 Biology
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Affa Ardhi Saputri
Date Deposited: 01 Oct 2020 02:20
Last Modified: 01 Oct 2020 02:20
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11507

Actions (login required)

View Item View Item