Persepsi siswa tentang kedisiplinan guru dalam mengajar dan hubungannya dengan motivasi belajar PAI siswa SMPN 1 Kec. Gemuh Kab. Kendal

Maghfiroh, Anna (2008) Persepsi siswa tentang kedisiplinan guru dalam mengajar dan hubungannya dengan motivasi belajar PAI siswa SMPN 1 Kec. Gemuh Kab. Kendal. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_3103061_anna_maghfiroh]
Preview
Text (skripsi_3103061_anna_maghfiroh)
3103061_ANNA_MAGHFIROH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Anna Maghfiroh (3103061). Persepsi Siswa Tentang Kedisiplinan Guru Dalam Mengajar Dan Hubungannya Dengan Motivasi Belajar PAI Siswa SMP N I Gemuh-Kendal. Skripsi. Semarang Program Strata I Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang, 2008.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi siswa tentang kedisiplinan guru dalam mengajar dan hubungannya dengan motivasi belajar PAI siswa SMP N I Gemuh-Kendal tahun ajaran 2007/2008.

Penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan analisis regresi satu prediktor. Subyek penelitian sebanyak 62 responden, menggunakan teknik random sampling, pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner, yang digunakan untuk mengumpulkan data tentang persepsi siswa tentang kedisiplinan guru dalam mengajar dan motivasi belajar PAI siswa.

Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial yaitu menggunakan teknik analisis regresi satu prediktor, pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis korelasi uji t. pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara persepsi siswa tentang kedisiplinan guru dalam mengajar dengan motivasi belajar PAI siswa ditunjukkan oleh koefisien korelasi rxy = 0,522 dan koefisien
determinasi r2 27,248% uji signifikan melalui uji t diperoleh hasil 4,741 sehingga didapatkan pada taraf signifikan ttabel(0,05)= 2,000 dan taraf signifikan ttabel (0,01) = 2,660 karena thitung>ttabel maka hasilnya signifikan, hal itu juga dibuktikan dengan hasil Freg sebesar 22,504 karena Freg lebih besar dari Ftabel (0,05) =4,00 dan Ftabel (0,01) = 7,08 maka hasilnya juga signifikan.

Hal ini menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara Persepsi Siswa tentang Kedisiplinan Guru dalam Mengajar dengan Motivasi Belajar PAI Siswa SMP N 1 Gemuh Kendal. Dengan demikian semakin tinggi Persepsi Siswa tentang Kedisiplinan Guru dalam Mengajar semakin tinggi pula Motivasi Belajar PAI Siswa (SMP N 1 Gemuh Kendal.

Berdasarkan hasil analisis ini, diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para guru SMP N 1 Gemuh Kendal terutama dalam memotivasi siswanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar; Kedisiplinan guru; Pendidikan Agama Islam (PAI)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 09 Jul 2020 07:12
Last Modified: 09 Jul 2020 07:12
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11508

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics