Akhlak anak terhadap kedua orang tua menurut Al-Ghazali dalam kitab Bidayat al-Hidayah dan implikasinya dalam pembentukan kepribadian muslim

Fitria, Dina (2008) Akhlak anak terhadap kedua orang tua menurut Al-Ghazali dalam kitab Bidayat al-Hidayah dan implikasinya dalam pembentukan kepribadian muslim. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_dina_fitria]
Preview
Text (skripsi_dina_fitria)
3103092_DINA_FITRIA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dina Fitria (NIM: 3103092). Akhlak Anak Terhadap Kepada Kedua Orang tua Menurut Al-Ghazali dan Implikasinya Dalam Pembentukan Kepribadian Muslim. Skripsi. Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo. 2007.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui akhlak anak terhadap kedua orang tua menurut al-Ghazali, (2) Mengetahui relevansi akhlak anak terhadap kedua orang tua menurut al-Ghazali pada masa sekarang bagi pemuda Islam, (3) Mengetahui implikasi akhlak anak terhadap kedua orang tua menurut al-Ghazali dalam pembentukan kepribadian muslim.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan dan kualitatif. Dalam pengumpulan data, peneliti menempuh langkah-langkah kepustakaan (library research), penulis menggunakan buku-buku karangan al-Ghazali, selain itu, penulis juga tidak mengabaikan sumber-sumber lain dan tulisan valid yang telah dipublikasikan untuk melengkapi data-data yang diperlukan. Adapun dalam membahas dan menelaah data, penulis menggunakan metode content analisis, metode interpretasi data, dan metode analisis deskriptif.
Hasil pembahasan menunujukkan bahwa, Dalam kitab Bidayah al-Hidayah Al-Ghazali menjelaskan secara rinci dan detel bagaimana cara menghormati, berbuat baik dan menghormati kedua orang tua dan dimulai dari hal-hal yang paling kecil, yaitu, mendengar pembicaraan kedua orang tua, berdiri ketika keduanya berdiri, mematuhi perintah keduanya, tidak berjalan dihadapan keduanya, tidak mengangkat suara di atas suara-suara keduanya,memenuhi panggilan keduanya, berusaha mendapatkan ridha keduanya, tidak mengungkit-ungkit jasa atau kebaikan yang telah diberikan kepada orang tua, tidak melirik kedua orang tua dengan marah, tidak mengerutkan dahi dihadapan keduanya, tidak bepergian kecuali dengan izin keduanya.
Akhlak anak terhadap kedua orang tua menurut al-Ghazali masih relevan bagi pemuda Islam pada masa sekarang, karena berdasarkan atas al-Qur’an dan Hadits. Akan tetapi anak yang diterlantarkan orang tua sejak kecil, membuat mereka tidak dapat menghayati tanggung jawab orang tua terhadapnya, tanggung jawab anak terhadap orang tua terhadap anak dan akan menyebabkan mereka tidak berbuat baik kepada orang tua. Oleh karena itu orang tua dan anak harus sama-sama memperhatikan tanggung jawab dan haknya masing-masing, antara hak-hak orang tua terhadap anak dan sebaliknya, supaya akhlak atau etika anak terhadap kedua orang tua berjalan dengan baik dan sesuai dengan ajaran agama.
Pembentukan kepribadian muslim pada dasarnya merupakan upaya untuk mengubah dan membentuk sikap kearah kecenderungan kepada nilai-nilai keislaman, dan pembentukan ini sebaiknya dimulai dari kecil agar tidak sulit untuk dilakukan. Akhlak anak terhadap kedua orang tua erat sekali hubungannya dengan pembentukan kepribadian muslim, karena berbuat baik atau berbakti terhadap kedua orang tua merupakan suatu pondasi atau dasar bagi anak untuk berinteraksi dengan lingkungan yang lebih luas, sifat baik yang tertanam dalam diri anak membuat mereka lebih mudah dalam berinteraksi dengan lingkungan dan berbuat baik dengan yang lainnya. Untuk itu akhlak harus dibina sejak kecil agar menjadi suatu kebiasaan, kebiasaan yang baik akan menciptakan akhlak yang mulia bagi anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Akhlak anak; Orang tua; Kepribadian muslim
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 10 Jul 2020 03:30
Last Modified: 10 Jul 2020 03:30
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11520

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics