Pengaruh membaca majalah Kiprah terhadap motivasi berdakwah para perangkat desa di Kecamatan Butuh Kabupaten Purworejo

Maskinah, Maskinah (2007) Pengaruh membaca majalah Kiprah terhadap motivasi berdakwah para perangkat desa di Kecamatan Butuh Kabupaten Purworejo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 1101105_Maskinah.pdf]
Preview
Text
1101105_Maskinah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh membaca Majalah Kiprah terhadap motivasi berdakwah para perangkat desa di Kecamatan Butuh Kabupaten Purworejo. Dua variabel utama dalam penelitian ini adalah membaca Majalah Kiprah dan motivasi berdakwah. Majalah Kiprah di sini difokuskan pada empat indikator, yakni minat membaca, perhatian dalam membaca Majalah Kiprah, intensitas membaca Majalah kiprah dan pemahaman terhadap materi bacaan. Sedangkan motivasi berdakwah terdiri dari tiga aspek, yaitu aspek kebutuhan, aspek tingkah laku dan aspek tujuan.
Subyek penelitian ini adalah para perangkat desa di Kecamatan Butuh Kabupaten Purworejo. Dengan pengambilan sampel dari 41 desa, masing-masing desa diambil dua responden, yaitu para kepala desa dan sekretaris desa. Jadi, jumlah responden secara keseluruhan adalah 82 responden.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan tehnik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode angket. Data yang diperoleh dari angket yang disebarkan kepada responden berupa angket tertutup yang berbentuk skala likert untuk jawaban A diberi skor nilai 3, B skor nilai 2 dan C skor nilai 1.
Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis regresi satu prediktor dengan skor kasar. Pengujian hipotesa menunjukkan bahwa ada pengaruh positif antara membaca Majalah Kiprah terhadap motivasi berdakwah yang diajukan dengan nilai Freg : 9.933 lebih besar dibandingkan dengan Ftabel pada taraf signifikan 5 % = 4.00 dan pada taraf signifikan 1 % = 7.08.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Media Dakwah; Majalah Kiprah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 10 Jul 2020 04:01
Last Modified: 10 Jul 2020 04:01
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11522

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics