Proses bimbingan konseling Islam bagi penyembuhan remaja korban penyalahgunaan narkoba di Panti Pamardi Putra “Mandiri” Semarang (analisis konsep motivasi menurut Abraham Maslow)

Azizah, Nurul (2007) Proses bimbingan konseling Islam bagi penyembuhan remaja korban penyalahgunaan narkoba di Panti Pamardi Putra “Mandiri” Semarang (analisis konsep motivasi menurut Abraham Maslow). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 1101177_Nurul Azizah.pdf]
Preview
Text
1101177_Nurul Azizah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1). Bagaimana proses Bimbingan Konseling Islam bagi penyembuhan remaja korban penyalahgunaan narkoba di Panti Pamardi Putra “Mandiri” Semarang. 2) Bagaimana analisis konsep motivasi menurut Abraham Maslow dalam proses Bimbingan Konseling Islam bagi penyembuhan remaja korban penyalahgunaan Narkoba di Panti Pamardi Putra “Mandiri” Semarang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian Kualitatif Deskriptif, dengan menggunakan pendekatan psikologis. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode Analisis Deskriptif Kualitatif. Adapun pembahasan skripsi menggunakan metode Deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Panti Pamardi Putra “Mandiri” Semarang merupakan sebuah wadah pembinaan rehabilitasi eks penggunaan narkoba melalui motivasi Abraham Maslow. Dalam proses bimbingan tersebut remaja korban penyalahgunaan narkoba dimotivasi sampai sembuh kembali. Sedangkan metode yang dilakukan dengan lima metode yaitu interview (wawancara), Client Cenfered Method (metode yang dipusatkan pada klien), Group Guidance (metode kelompok), diskusi dan Role Playing (permainan). Sedangkan materi yang diberikan di antaranya: (1) Bimbingan fisik meliputi senam pagi, bela negara dan olah raga. (2) Bimbingan mental spiritual/keagamaan meliputi materi tafsir al-Qur’an, akhlaq, ibadah dan dzikir. (3) Bimbingan psikologis/konseling meliputi konsep diri dan rasa percaya diri, konseling individu dan konseling kelompok. (4) Bimbingan mental sosial meliputi kedisiplinan dan tanggung jawab diri dan kelompok. (5) Bimbingan keterampilan diantaranya keterampilan montir motor, keterampilan montir mobil, keterampilan las dan keterampilan menjahit.
Berdasarkan pada hasil paparan data-data yang telah dianalisis dari konsep motivasi menurut Abraham Maslow terlihat bahwa proses Bimbingan Konseling Islam bagi penyembuhan remaja korban penyalahgunaan narkoba dengan memenuhi kebutuhan akan rasa kasih sayang, kebutuhan akan rasa harga diri dan kebutuhan akan aktualisasi diri. Dengan terpenuhinya kebutuhan tersebut, maka klien dapat mewujudkan dirinya sebagai manusia seutuhnya yang sehat dan produktif, untuk mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Konseling; Bimbingan; Narkoba; Panti Pamardi Putra
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 13 Jul 2020 07:56
Last Modified: 13 Jul 2020 07:56
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11524

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics