Kepemimpinan K.H.Abdurrahman Khudlori dalam upaya pengembangan pondok pesantren asrama perguruan islam Tegalrejo Magelang sebagai lembaga dakwah

Islam, Nurul (2007) Kepemimpinan K.H.Abdurrahman Khudlori dalam upaya pengembangan pondok pesantren asrama perguruan islam Tegalrejo Magelang sebagai lembaga dakwah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 1101206_Nurul Islam.pdf]
Preview
Text
1101206_Nurul Islam.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang membahas tentang kepemimpinan K.H. Abdurrahman Khudlori dalam upaya pengembangan Pondok Pesantren Asrama Perguruan Islam Tegalrejo Magelang sebagai lembaga dakwah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan deskriptif analitif. Penelitian ini berusaha mendeskripsikan kepemimpinan K.H. Abdurrahman Khudlori dalam upaya pengembangan Pondok Pesantren Asrama Perguruan Islam sebagai lembaga dakwah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertama, kepemimpinan K.H. Abdurrahman Khudlori dalam upaya pengembangan Pondok Pesantren Asrama Perguruan Islam Tegalrejo Magelang sebagai lembaga dakwah. Kedua, implikasi kepemimpinan K.H. Abdurrahman Khudlori dalam upaya pengembangan Pondok Pesantren Asrama Perguruan Islam Tegalrejo Magelang sebagai lembaga dakwah.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Pertama, pola kepemimpinan yang diterapkan oleh K.H. Abdurrahman Khudlori lebih menekankan pada aspek pemeliharaan kelompok atau sosial masyarakat. Sedangkan tipe atau gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh K.H. Abdurrahman Khudlori adalah bersifat pengayom. Di samping itu, K.H. Abdurrahman Khudlori juga menerapkan kepemimpinan ahli, kharismatis dan demokratis.
Kedua, pola kepemimpinan yang diterapkan oleh K.H. Abdurrahman Khudlori mempunyai implikasi yang cukup signifikan terhadap upaya pengembangan Pondok Pesantren Asrama Perguruan Islam sebagai lembaga dakwah. Implikasi tersebut terutama menyangkut upaya pengembangan Pondok Pesantren Asrama Perguruan Islam dalam bidang non fisik, seperti pengembangan materi belajar mengajar dan kegiatan dakwah yang dilakukan melalui pengajian.
Di samping itu, pola kepemimpinan yang diterapkan oleh K.H. Abdurrahman Khudlori juga berimplikasi pada peningkatan tingkat religiusitas masyarakat, peningkatan dalam bidang pendidikan, pertumbuhan perekonomian masyarakat ke arah yang lebih baik serta dapat menunjang aktivitas dakwah yang dilakukan. Sehinga peran Pondok Pesantren Asrama Perguruan Islam sebagai lembaga dakwah dapat terlaksana dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Lembaga Dakwah; Media Dakwah; Khudori; Kepemimpinan; Tokoh Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
900 Geography and history > 920 Biography, genealogy, insignia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 14 Jul 2020 02:27
Last Modified: 14 Jul 2020 02:27
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11527

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics