Strategi pengelolaan majalah “Al-Mihrab” dalam pengembangan dakwah

Nur'Aini, Siti (2007) Strategi pengelolaan majalah “Al-Mihrab” dalam pengembangan dakwah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 1101210_Siti Nur'Aini.pdf]
Preview
Text
1101210_Siti Nur'Aini.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Majalah sebagai bagian dari media cetak merupakan salah satu alat sekaligus media untuk pengembangan dakwah. Asumsi ini didasarkan pada fungsi pers itu sendiri yakni sebagai lembaga masyarakat yang membawa pesan serta aspirasi masyarakat. "Al-Mihrab" sebagai bagian dari media cetak Islam merupakan salah satu pemain yang sangat potensial untuk mengembangkan dakwah lewat jurnalistik. Dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya, ia harus mampu terus beroperasi tanpa meninggalkan kualitas dan eksistensinya dalam pengembangan dakwah.
Berlatar belakang tersebutlah pengelola "Al-Mihrab" dituntut mampu menemukan strategi yang jitu untuk terus bertahan dan berkembang pesat sehingga dapat bermain pada level yang terbaik dibanding dengan para pesaing serta dapat mengupayakan tercapainya pengembangan dakwah melalui jurnalistik.
Penelitian yang diadakan mempergunakan uji analisis kualitatif yaitu dengan pedekatan dekriptif eksploratif serta dengan alat bantu SWOT yang menekankan pada analisis faktor internal dan faktor eksternal. Data yang diperlukan dalam penelitian ini diperoleh dari wawancara, observasi dan dokumentasi.
Dari gambaran-gambaran analisis tersebut di atas nantinya didapat fakta-fakta yang dipergunakan sebagai dasar pengambilan putusan mengenai strategi yang akan diambil oleh pihak pengelola untuk mengembangkan dakwah melalui jurnalistik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam strategi (SO) "Al-Mihrab" berusaha memanfaatkan kekuatan dengan mengoptimalisasikan kinerja pengelola dari jajaran paling atas sampai paling bawah demi mengembangkan "Al-Mihrab", serta berusaha merebut dan memanfaatkan peluang dengan mempererat kerjasama dengan distributor yang telah dibangun dengan baik. Dengan strategi tersebut, "Al-Mihrab" tidak hanya bekerja keras, melainkan harus mengerahkan segenap daya upayanya, mengingat "Al-Mihrab" masih tergolong majalah dengan kekuatan pasar di bawah sedang.
Dalam strategi (WO), "Al-Mihrab" berusaha memanfaatkan peluang yang ada dengan cara meminimalkan kelemahan yang ada. Dalam hal ini "Al-Mihrab" memanfaatkan peluang dan meminimalkan kelemahan dengan meningkatkan fasilitas organisasi, meningkatkan mutu produk dan meningkatkan kemampuan SDM. Hal ini dilakukan karena "Al-Mihrab" secara kelembagaan masih minimnya fasilitas teknologi untuk mendukung kinerja pengelola, sehingga dapat juga meningkatkan mutu produk. Dengan strategi ini, secara redaksional "Al-Mihrab" perlu membenahi kualitas isi atau tulisan, secara tampilan, "Al-Mihrab" juga perlu membenahi tampilan atau mengganti style baru, sehingga pelanggan akan mendapat kepuasan, yang secara tidak langsung upaya pengembangan dakwah akan berhasil.
Dalam strategi (ST), "Al-Mihrab" berusaha menggunakan kekuatan yang dimiliki untuk mengatasi ancaman. "Al-Mihrab" menggunakan kekuatan untuk mengatasi ancaman yaitu dengan menjaga relasi, menjaga pelanggan tetap yang selama ini telah dijalin dengan baik, yaitu para santri, kyai dan masyarakat umum. Dengan strategi ini, "Al-Mihrab" memerlukan tenaga pemasaran dan distribusi yang intens sehingga "Al-Mihrab" tidak ditinggalkan pelanggan yang mayoritas umat islam yang haus akan informasi dan pengetahuan yang islami.
Dalam strategi (WT), "Al-Mihrab" meminimalkan kelemahan yang ada serta menghindari ancaman yaitu dengan menjaga kualitas produk dan berusaha menekan harga produk agar stabil. Dengan strategi ini, "Al-Mihrab" harus menekan biaya produksi dengan tetap berusaha meningkatkan kualitas produk. Cara ini memang relatif sulit, namun untuk tetap bertahan dan eksis, "Al-Mihrab" harus melakukan strategi tersebut.
Sedangkan pada penentuan posisi, melalui skor pembobotan IFAS dan EFAS, "Al-Mihrab" dalam posisi sedang (medium) yaitu dengan nilai IFAS=1,87 dan EFAS=2,50.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Media Dakwah; Alat Dakwah; Al-Mihrab
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 070 News media, journalism, publishing
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 14 Jul 2020 03:36
Last Modified: 14 Jul 2020 03:36
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11528

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics