Minat alumni SMU/sederajat terhadap pendidikan tinggi (kasus di Desa Rajekwesi Kecamatan Mayong Kabupaten Jepara)

Rifen, Rifen (2009) Minat alumni SMU/sederajat terhadap pendidikan tinggi (kasus di Desa Rajekwesi Kecamatan Mayong Kabupaten Jepara). Undergraduate (S1) thesis, IAIN WALISONGO.

[img]
Preview
Text (NIM_3103183_Skripsi lengkap)
3103183_fullpdf.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan kasus, yaitu penelitian yang dilakukan secara intensif, terrinci dan mendalam terhadap suatu organisasi, lembaga atau gejala tertentu. Penelitian ini menggunakan teknik sampling random dengan menggunakan sumber data yaitu person, place, paper (orang, tempat, dokumen). Analisis yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah analisis deskriptif berdasarkan jawababan informan tentang pendidikan tinggi. Pendekatan ini digunakan sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa pernyataan yang dituangkan kedalam bentuk angket tentang bagaimana minat dan faktor yang mempengaruhi alumni SMU/sederajat dari faktor internal dan eksternal individu. Berdasarkan data-data yang terkumpul mengindikasikan bahwa minat alumni SMU/sederajat terhadap pendidikan tinggi di Desa Rajekwesi Kecamatan Mayong Kabupaten Jepara tergolong rendah. Faktor yang mempengaruhi kurangnya minat alumni SMU/sederajat terhadap pendidikan tinggi sebagian besar juga disebabkan keterbatasan biaya, sehingga antusias mereka terhadap pendidikan tinggi juga masih kurang. Meskipun berdasarkan penelitian, para orang tua dan informan sendiri bekerja, tetapi penghasilan mereka kurang mencukupi untuk membiayai jika meraka menempuh studi di pendidikan tinggi. Di samping itu sebagian besar dari mereka mengenggap bahwa seseorang yang belajar ke pendidikan tinggi belum tentu ada manfaatnya. Hal ini dipengaruhi oleh pengalaman mereka dengan melihat lingkungan sosial dengan berbagai aktivitas-aktivitas yang mereka ketahui yang terdapat disekitarnya. Hal tersebut di atas dipengaruhi oleh pengalaman mereka dengan melihat reaksi sosial di sekitarnya. Sebagian dari masyarakat desa Rajekwesi belum menyadari bila potensi sumber daya manusia di desa ini masih kurang. Mereka belum memiliki keyakinan bahwa pendidikan tinggi sangat menunjang optimalisasi sumber daya manusia. Demikianlah akhir penelitian ini, diharapkan dapat memberikan sumbangsih terhadap pola pikir masyarakat didalam pengembangan mutu sumber daya manusia untuk menyongsong masa depan bangsa. Akhirnya dengan mengucap alhamdulillah penulis sangat berharap dapat mengambil pelajaran dari segala apa yang telah didapatkan dan amalkan pada masa studi ini, serta semoga karya yang kecil ini mampu memberikan manfaat bagi setiap pembaca, sehingga mampu membuka cakrawala baru tentang pentingnya pendidikan tinggi bagi masyarakat. Harapannya semoga karya ini menjadikan amal shalih bagi penulis dan pembaca yang budiman.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)NIDN/NIDK
Thesis advisorDarmu’in, Darmu'inNIDN2024046401
Thesis advisorFahrururozi, FahrururoziUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Minat; Alumni SMU; Pendidikan tinggi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher education
300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher education > 378.1 Organisasi dan aktivitas perguruan tinggi (dosen, staf, mahasiswa, kurikulum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Kependidikan Islam
Depositing User: Chusnul Adib Achmad
Date Deposited: 01 Oct 2020 02:21
Last Modified: 01 Oct 2020 02:21
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11539

Actions (login required)

View Item View Item