Dampak psikologis metode cerita dalam pendidikan agama islam di TK Muslimat NU 01 Krajan Kulon Kaliwungu Kendal

Januar, Ahmad (2009) Dampak psikologis metode cerita dalam pendidikan agama islam di TK Muslimat NU 01 Krajan Kulon Kaliwungu Kendal. Undergraduate (S1) thesis, IAIN WALISONGO.

[img]
Preview
Text (NIM_3103212_Skripsi_Lengkap)
3103212_fullpdf.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Mengetahui penerapan metode cerita dalam Pendidikan Agama Islam di Taman Kanak-Kanak Muslimat NU 01 Krajan Kulon Kaliwungu Kendal. 2) Mengetahui dampak psikologis siswa dengan Bagaimana penerapan metode cerita dalam Pendidikan Agama Islam di Taman Kanak-kanak Muslimat NU 01 Krajan Kulon Kaliwungu Kendal Penelitian ini tergolong sebagai penelitian penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan kualitatif yang berarti bukan berupa angka-angka, data diperoleh melalui wawancara yang ditujukan pada guru TK Muslimat NU Krajan Kulon Kaliwungu Kendal dalam pembelajran PAI dengan menggunakan metode cerita, observasi untuk memperoleh data dengan mengamati secara langsung proses pembelajaran PAI dengan menggunakan metode cerita yang dilakukan di TK Muslimat NU 01 Krajan Kulon Kaliwungu Kendal, dan dokumentasi untuk memperoleh informasi yang berhubungan dengan Taman Kanak-Kanak Muslimat NU Krajan Kulon Kaliwungu. setelah data terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif yang mengacu pada analisis data secara induktif, dalam hal ini analisis digunakan untuk menganalisis pelaksanaan metode cerita dan dampak psikologisnya pada siswa di Taman Kanak-Kanak Muslimat NU Krajan Kulon Kaliwungu Kendal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode cerita dalam Pendidikan Agama Islam di TK Muslimat NU 01 Krajan Kulon Kaliwungu Kendal dilakukan dengan melakukan persiapan dengan tujuan agar metode cerita yang disampaikan dapat diterima oleh siswa, selanjutnya proses yang dilakukan ialah dengan melakukan penyampaian materi cerita dan yang terakhir dengan memberikan pancingan pertanyaan sehingga nanti diketahui seberapa besar pemahaman siswa. 2) Dampak psikologis siswa yang diterima siswa dengan penerapan metode cerita dalam Pendidikan Agama Islam di TK Muslimat NU 01 Krajan Kulon Kaliwungu Kendal adalah adanya motivasi dan pengarahan dari kegiatan yang dilakukan, terjadi perubahan tingkah laku yang sesuai dengan norma-norma agama atau norma-norma masyarakat yang diketahuinya dari cerita. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)NIDN/NIDK
Thesis advisorRidwan, RidwanNIDN2001066302
UNSPECIFIEDMa’sumah, Lift AnisNIDN2028097202
Uncontrolled Keywords: dampak psikologis ; Pendidikan agama islam
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology
700 The arts > 704 Special topics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Chusnul Adib Achmad
Date Deposited: 01 Oct 2020 02:21
Last Modified: 01 Oct 2020 02:21
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11541

Actions (login required)

View Item View Item