Kyai dan wacana pendidikan berperspektif gender di pesantren: studi kasus pondok pesantren Al-rosyid Dander Bojonegoro

Burhanuddin, Hamam (2009) Kyai dan wacana pendidikan berperspektif gender di pesantren: studi kasus pondok pesantren Al-rosyid Dander Bojonegoro. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of NIM_3104144_Skripsi_Lengkap]
Preview
Text (NIM_3104144_Skripsi_Lengkap)
3104144_Skripsi_Lengkap.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan tentang pandangan kyai pondok pesantren Al-Rosyid tentang wacana pendidikan berperspektif gender di pesantren, sekaligus ingin mengetahui adakah bias gender dalam pendidikan di pondok pesantren Al-Rosyid Dander Bojonegoro.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (filed research) dengan menggunakan pendekatan studi kasus (case study). Sumber data yang dipergunakan diperoleh dari beberapa informan yang peneliti klasifikasikan menjadi tiga kelompok, yaitu kiai-nyai, ustadz-ustadzah dan santri putra-santri putri. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi partisan (observer as observer), independent intervieu, dokumentasi dan kepustakaan yang kemudian diolah untuk dideskripsikan dan dianalisis dengan menggunakan metode GAP (Gender Analisis Pathway) dan trianggulasi data.
Proses penelitian yang dilakukan, terdapat beberapa hasil temuan. Pertama, kyai berpandangan progresif (perlu adanya wacana pendidikan berperspektif di pesantren Al-Rosyid Dander Bojonegoro,), pandangan kyai tersebut dipengaruhi dari dua faktor, yaitu faktor pengalaman pendidikan dan pengalaman hidup di luar pesantren.
Sedangkan temuan kedua, pesantren Al-Rosyid Dander Bojonegoro tidak mengenal budaya patriarkhi, dibuktikan dengan temukan berbentuk aturan-aturan di pesantren. Aturan-aturan tersebut, terdapat peluang dan kesempatan yang sama antara laki-laki dan perempuan.
Perjuangan pendidikan kesetaraan jender masih perlu dilakukan, maka perlu dicarikan sebuah formulasi solusi yang lebih menitiktekankan fakta alternatif interpretasi keagamaan yang lebih progresif, sehingga agama dan keberagamaan masyarakat Islam dapat mendukung program kesetaraan jender.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kyai; Perspektif Gender; Pendidikan Agama; Pondok Pesantren
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 305 Social groups
300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Affa Ardhi Saputri
Date Deposited: 01 Oct 2020 02:22
Last Modified: 01 Oct 2020 02:22
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11543

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics