Pelaksanaan program tahfidz Al-Qur’an 2 juz : studi di SDIT Harapan Bunda Semarang

Suwarti, Suwarti (2008) Pelaksanaan program tahfidz Al-Qur’an 2 juz : studi di SDIT Harapan Bunda Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_3103098_suwarti]
Preview
Text (skripsi_3103098_suwarti)
3103098_SUWARTI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:1) pelaksanaan program tahfidz al-Qur’an 2 juz di SDIT Harapan Bunda; 2) faktor pendukung dan penghambat bagi pelaksanaan program tahfidz al-Qur’an di SDIT Harapan Bunda.

Penelitian ini menggunakan kualitatif, penelitian yang mendasarkan analisisnya bukan berasal dari perhitungan statistik. Data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa program tahfidz al-Qur’an di SDIT Harapan Bunda termasuk program kurikulum khas. Program tahfidz al-Qur’an yang dilaksanakan kelas VI dialokasikan selama 2 jam pelajaran. Kurikulum khas ini dikembangkan secara mandiri. Oleh karena itu, bentuk kurikulumnya termasuk dalam bentuk kurikulum khas yang membedakan dengan sekolah lainnya. Untuk kelas VI, pada Semester I, siswa diharapkan lancar menghafalkan juz 30 dan surat al-Qiyamah dan surat al-Mudatsir, sedangkan pada Semester II diharuskan menghafal surat al-Muzammil, al-Jin. Pada semester II ini juga dilakukan sema’an dengan menggunakan metode tasmi’. Faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan program tahfidz al-Qur’an dapat dikelompokkan menjadi dua bagian, yaitu: pendukung dan penghambat. Faktor-faktor pendukung pelaksanaan program tahfiz adalah minat dan motivasi siswa, perhatian pembimbing, dan fasilitas yang memadai, sedangkan faktor penghambat pelaksanaan program tahfidz al-Qur’an meliputi: kurangnya kemampuan dalam manajemen waktu, kurangnya dorongan orang tua, dan lingkungan.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumbangan dan bahan informasi bagi khazanah ilmu pengetahuan serta masukan bagi civitas akademika dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Tahfidz Alquran; Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 15 Jul 2020 03:51
Last Modified: 15 Jul 2020 03:51
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11546

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics