Upaya satuan pendidikan dalam menanggulangi kenakalan peserta didik di MTs Aswaja Bumijawa Tegal tahun 2007/2008

Kholik, Nur (2008) Upaya satuan pendidikan dalam menanggulangi kenakalan peserta didik di MTs Aswaja Bumijawa Tegal tahun 2007/2008. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_3102136_nur_kholik]
Preview
Text (skripsi_3102136_nur_kholik)
3102136_NUR_KHOLIK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Nur Kholik (NIM: 3103136), Upaya Satuan Pendidikan dalam Menanggulangi Kenakalan Peserta Didik di MTs Aswaja Bumijawa Tegal Tahun 2007/2008. Skripsi. Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang, 2008
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Tingkah laku kenakalan peserta didik di MTs Aswaja Bumijawa Tegal tahun 2007/2008, (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi kenakalan peserta didik di MTs Aswaja Bumijawa Tegal tahun 2007/2008, (3) Upaya satuan pendidikan dalam menanggulangi kenakalan peserta didik di MTs Aswaja Bumijawa Tegal tahun 2007/2008.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan pendekatan induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kenakalan peserta didik di MTs Aswaja Bumijawa Tegal belum terlalu berbahaya, karena kenakalan yang dilakukan masih dalam taraf hanya pernah dilakukan di lingkungan madrasah dan perbuatannya tidak dilakukan lagi di lain waktu. Adapun kenakalan yang pernah dilakukan selama tahun 2007/2008 adalah berbicara atau mengganggu temannya ketika pelajaran berlangsung, membaca buku selain buku pelajaran ketika pelajaran berlangsung, menghindari pelajaran, tidak berangkat sekolah tanpa izin, berdandan menor bagi peserta didik perempuan, merokok di lingkungan madrasah, makan di warung tidak membayar, mencuri, berkelahi secara individu atau kelompok (tawuran). membawa kartu remi atau berjudi di lingkungan madrasah, membawa gambar (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi kenakalan peserta didik di MTs Aswaja Bumijawa sangat banyak, baik yang tergabung dalam faktor internal maupun faktor eksternal. Namun faktor-faktor tersebut bisa diatasi dan diantisipasi dengan baik, sehingga tidak mengganggu dalam kegiatan belajar mengajarnya. Hal ini terbukti dengan prestasi yang diraih cukup banyak dari berbagai bidang kegiatan yang disimbolkan dengan tropi dan piala yang dipajang diruang kepala madsrasah. Selain itu juga minat masyarakat untuk memasukkan anaknya ke MTs Aswaja Bumijawa cukup besar, sehingga setiap tahun ajaran baru jumlah peserta didiknya selalu bertambah. (3) Upaya yang dilakukan oleh satuan pendidikan dalam rangka menanggulangi kenakalan peserta didik di MTs Aswaja Bumijawa sudah cukup baik, setidaknya dengan menggunakan tiga langkah tindakan yaitu tindakan preventif, kuratif, dan represif. Hal ini dapat dibuktikan selama tahun pelajaran 2007/2008 kanakalan yang terjadi tidak sampai berlarut-larut dan berkepanjangan. Tentunya dalam mengambil sikap tindakan dan keputusan secara adil dan bijaksana disesuaikan berdasarkan bentuk pelanggaran yang telah dilakukan oleh peserta didik. Ini semua tidak terlepas dari adanya kerja sama yang baik dengan rasa saling peduli dan bertanggung jawab bersama dari semua pihak yang ada di satuan pendidikan mulai dari kepala madrasah, wakil kepala madrasah, wali kelas, pendidik, sampai dengan karyawan tata usaha terutama dalam menanggulangi kenakalan peserta didik. Selain itu MTs Aswaja Bumijawa juga memiliki banyak kegiatan baik ekstrakurikuler maupun intrakurikuler yang sifatnya bisa menyalurkan bakat dan minat dari peserta didiknya, sehingga potensi-potensi yang dimiliki oleh peserta didik bisa disalurkan dengan baik dan benar.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi dan referensi bagi dunia pendidikan bahwa dalam proses penanggulangan kenakalan peserta didik tidak boleh hanya mengandalkan salah satu pihak saja (misalnya guru agama atau guru BK saja), akan tetapi perlu adanya peran serta dan dukungan dari semua pihak yang ada di satuan pendidikan baik secara langsung maupun tidak langsung, dengan saling menopang kegiatan yang sama secara sendiri-sendiri maupun bersama.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kenakalan remaja; Pendidikan Agama Islam (PAI)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 15 Jul 2020 04:55
Last Modified: 15 Jul 2020 04:55
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11559

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics