Keterlibatan kiai dan ustadz dalam politik praktis dan implikasinya terhadap minat belajar santri di Pondok Pesantren Roudlotul Muhtadin limpung batang

Mujiono, Mujiono (2009) Keterlibatan kiai dan ustadz dalam politik praktis dan implikasinya terhadap minat belajar santri di Pondok Pesantren Roudlotul Muhtadin limpung batang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of NIM_3104150_Skripsi_Lengkap]
Preview
Text (NIM_3104150_Skripsi_Lengkap)
3104150_Skripsi_Lengkap.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pola keterlibatan kiai dan ustadz dalam politik praktis di Pondok Pesantren Roudlotul Muhtadin Limpung Batang. (2) Perubahan pola belajar mengajar di Pondok Pesantren Roudlotul Muhtadin ketika kiai dan ustadz terjun dalam politik praktis. (3) Implikasi apa saja dan bagaimana dari keterlibatan Kiai dan ustadz terhadap minat belajar santri di Pondok Pesantren Roudlotul Muhtadin desa Delisen, Kec. Limpung, Kab. Batang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif lapangan, karena data-datanya bersifat kualitatif. Pendekatan ini digunakan untuk mencari data-data lapangan hasil observasi, wawancara, maupun dekumentasi yang kemudian diterjemahkan kedalam bentuk tulisan atau deskripsi mengenai situasi-situasi atau kejadian-kejadian, bukan berupa angka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pola keterlibatan kiai dalam politik praktis yang terjadi di Pondok Pesantren Roudlotul Muhtadin dapatdilihat dari keaktifan kiai tersebut dalam partai politik. Kedua kiai tersebut (K.H. Ahmad Nur Khozin dan K.H. Ahmad Sholeh disamping menjabat sebagai pengurus partai politik, mereka juga tercatat sebagai juru kampanye, pendukung calon legislatif, dan pendukung calon eksekutif. (2) Di Pondok Pesantren Ruodlotul Muhtadin terjadi perubahan pola belajar yang diakibatkan oleh keterlibatan para kiai dan ustadznya dalam politik praktis, yaitu: (a) Pola mengajar yang dilakukan oleh kiai dan ustadz biasanya diampu sendiri tanpa diwakilkan, ketika mereka aktif dalam politik praktis, menjadi diwakilkan kepada santri senior bahkan kadang-kadang diliburkan. (b) Jadwal mengajar para kiai dan ustadz yang biasanya berjalan tertib menjadi kurang tertib. (c) Hubungan antara kiai-santri yang sebelumnya terjalin keakraban menjadi kurang akrab. (d) Pembelajaran ilmu-ilmu agama menjadi kurang fokus sehingga banyak santri yang lebih memilih belajar ketrampilan, seperti komputer, menjahit, sablon, tilawah, dan pelatihan menejemen. (3) Minat belajar para santri di Pondok Pesantren Roudlotul Muhtadin mengalami beberapa gangguan yang diakibatkan oleh kurangnya perhatian para pendidik terhadap proses belajar mengajar. Para pendidik lebih sibuk dengan aktivitas politik dibandingkan melaksanakan tugas utamanya yaitu mengajar. Mereka lebih sering keluar untuk mengadakan koordinasi dengan rekan politiknya. Akibatnya pembelajaran sering diliburkan. Santri merasa kecewa terhadap proses pembelajaran yang kurang fokus dan terarah. Akibatnya banyak santri yang kurang tertarik untuk belajar di pondok pesantren.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para civitas akademik, para mahasiswa, para tenaga pengajar mata kuliah jurusan dan progran stusi di Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo semarang. Terutama dalam memberi dorongan kepada mahasiswa agar senantiasa meningkatkan motivasi berrpestasi secara lebih memadai.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kyai; Ustadz; Politik Praktis; Pondok Pesantren; Minat Belajar
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 320 Political science (Politics and government) > 323 Civil and political rights
300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Affa Ardhi Saputri
Date Deposited: 01 Oct 2020 02:22
Last Modified: 01 Oct 2020 02:22
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11570

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics