Konsep tanggung jawab manusia menurut Seyyed Hossein Nasr dan aktualisasinya dalam pendidikan Islam

Absori, Absori (2008) Konsep tanggung jawab manusia menurut Seyyed Hossein Nasr dan aktualisasinya dalam pendidikan Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_3103180_absori]
Preview
Text (skripsi_3103180_absori)
3103180_ABSORI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSORI (NIM : 3103180). Konsep Tanggung Jawab Manusia Menurut Seyyed Hossein Nasr dan Aktualisasinya dalam Pendidikan Islam. Skripsi. Semarang : Fakultas Tarbiyah IAIN Semarang, 2008.
Berdasarkan permasalahan tersebut diatas, maka tujuan yang hendak dicapai dalam skripsi ini adalah:1) Bagaimana konsep tanggung jawab manusia yang diformulasikan oleh Seyyed Hossein Nasr.2) Bagaimana aktualisasi konsep tanggung jawab manusia yang diformulasikan oleh Seyyed Hossein Nasr dalam pendidikan Islam.
Nilai guna yang dapat diambil dari penulisan skripsi ini adalah:1) Dapat memberikan kontribusi bagi keilmuan Islam khususnya pendidikan Islam.2) Dapat memberikan kontribusi pada lembaga pendidikan, khususnya lembaga pendidikan Islam baik itu formal maupun nonformal.
Jenis penelitian ini adalah kepustakaan (library research), pendekatan yang dipakai adalah filosofis. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan adalah: dokumentasi untuk menganalisis data penulis menggunakan metode deskriptif-filosofis dan metode analitis kritis.
Tanggung jawab manusia menurut konsep Seyyed Hossein Nasr ada empat: pertama, tanggung jawab manusia kepada Tuhan (hablum minallah). Kedua, tanggung jawab manusia terhadap dirinya sendiri. Ketiga, tanggung jawab manusia kepada masyarakat (hablum minannaas) dan keempat tanggung jawab manusia terhadap alam sekitar (lingkungan)
Aktualisasi tanggung jawab manusia dalam pendidikan Islam adalah dengan cara manusia memahami tugas hidupnya, yaitu manusia sebagai ‘abdullah merupakan realisasi dari mengemban amanah dalam arti: memelihara beban/tugas kewajiban dari Allah yang harus dipatuhi. Sedangkan khalifah Allah merupkan realisasi dari mengemban amanah dalam arti: memelihara, memanfaatkan, atau mengoptimalkan penggunaan segala anggota badan, alat-alat potensial (termasuk indera dan akal) atau potensi-potensi dasar manusia, guna menegakkan keadilan, kemakmuran, dan kebahagiaan hidup
Aktualisasi tanggung jawab manusia dalam lembaga pendidikan Islam. Pertama, Keluarga sebagai lembaga pendidikan Islam mempunyai peranan penting dalam membentuk dan mengaktualkan konsep tanggung jawab manusia pada generasi muslim. Keluarga merupakan fase awal atau pendidikan primer baik bapak maupun ibu memainkan peran guru dan pendidik. Apa-apa yang terjadi dalam keluarga merupakan atau proses yang sangat berpengaruh terhadap kehidupan anak selanjutnya. Nilai-nilai yang terkandung dalam konsep tanggung jawab manusia seperti; sikap keagamaan, akhlak, akal pikiran, tingkah laku sosial dan budaya anak banyak dibentuk oleh pendidikan dalam keluarga.
Kedua, sekolah merupakan lembaga pendidikan kedua setelah keluarga. Sekolah merupakan tempat usaha dalam mengembangkan fithrah, potensi dan bakat seorang anak. Di sekolah anak diberi dasar-dasar pengetahuan pngetahuan seperti ilmu pengetahuan sosial, matematika, sains, bahasa, ketrampilan kesenian dan lain sebagainya. Pengetahuan umum yang diberikan berfungsi melatih dan menyiapkan anak untuk mampu berpikir dan bekerja. Sehingga anak mengetahui tanggung jawabnya sebagai manusia di bumi.
Ketiga, lembaga pendidikan Islam selanjutnya adalah pendidikan kemasyarakatan. Lembaga pendidikan ini berorientasi langsung kepada hal-hal yang bertalian dengan kehidupan. Pendidikan kemasyarakatan merupakan pendidikan yang menunjang pendidikan keluarga dan sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Tanggung jawab; Pendidikan Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 17 Jul 2020 02:20
Last Modified: 17 Jul 2020 02:20
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11575

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics