Penerapan model cooperative learning dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Al-Khoiriyah 01 Semarang

Kholifatun, Siti (2008) Penerapan model cooperative learning dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Al-Khoiriyah 01 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_3103203_siti_kholifatun]
Preview
Text (skripsi_3103203_siti_kholifatun)
3103203_Siti_Kholifatun.pdf - Updated Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Siti Kholifatun (NIM: 3103203) Penerapan Model Cooperative Learning Dalam Pembelajaran Al-Qur'an Hadits di MTs Al-Khoiriyah Semarang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan cooperative learning dalam pembelajaran Al-Qur'an Hadits di MTs Al-Khoiriyah Semarang.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan kualitatif, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Metode pengumpulan data menggunakan 1) Observasi, untuk mengetahui proses pembelajaran al-Qur'an Hadits melalui metode-metode dalam cooperative learning. 2) Interview /wawancara, yaitu untuk memperoleh informasi yang berhubungan dengan penerapan cooperative learning dalam pembelajaran Al-Qur'an Hadits di MTs Al-Khoiriyah. 3) Dokumentasi, untuk memperoleh dokumentasi yang berhubungan dengan penerapan cooperative learning dalam pembelajaran Al-Qur'an Hadits di MTs Al-Khoiriyah. Data penelitian kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif, yaitu analisis data yang ditunjukkan bukan dalam bentuk angka melainkan dalam bentuk laporan dan uraian deskriptif dengan menggunakan cara berpikir induktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan cooperative learning dalam pembelajaran Al-Qur'an Hadits melibatkan teknik penataan ruang kelas, pengelompokan siswa, penerapan metode-metode cooperative learning yang terwujud dalam 5 bentuk (Jigsaw, tutor sebaya, card sort, diskusi kelompok dan kerja kelompok), peran guru dalam pembelajaran dan evaluasi. Secara umum metode ini diterapkan melalui 6 tahapan yaitu menyampikan tujuan dan memotivasi siswa untuk belajar, menyajikan informasi, mengorganisasi siswa kedalam kelompok-kelompok belajar, membimbing kelompok belajar bekerja sama, evaluasi serta pemberian reward / penghargaan.
Pembelajaran al-Qur'an Hadits melalui penerapan cooperative learning yang terwujud dalam metode-metode di atas, sudah hampir mendekati teori yang ada. Hal ini terbukti dari adanya persiapan guru dalam mengajar dengan membuat RPP, dan membuat daftar kelompok. Kemudian dalam pelaksanaannya, guru telah melaksanakan 6 tahapan di atas. Namun untuk jigsaw belum ada kesesuaian antara praktik dengan teori yang ada. Pada penerapan jigsaw, guru membagi materi dalam beberapa segmen untuk dipelajari dalam kelompok. Setiap anggota kelompok mendapat bagian yang berbeda untuk dipelajari secara mandiri, kemudian terjadi pertukaran kelompok (kelompok 1 dan kelompok 2, kelompok 3 dan kelompok 4). Seharusnya, masing-masing anggota dalam kelompok asal yang mendapat tugas berbeda, dipadukan dalam kelompok ahli untuk membahas materi secara mendalam dan detail. Kemudian masing-masing anggota dari kelompok ahli kembali ke kelompok asal untuk mengajarkan kepada teman-temannya. Sedangkan evaluasi yang digunakan sudah mencakup ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Namun, dalam hal penilaian guru belum menerapkan penilaian individu yang berpengaruh pada nilai kelompok.
Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat dijadikan bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, tenaga pengajar / pendidik dan semua pihak yang membutuhkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Cooperative learning; Pendidikan Agama Islam (PAI)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 20 Jul 2020 03:04
Last Modified: 20 Jul 2020 03:04
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11580

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics