Pelaksanaan pendekatan beyond centers and circle time (BCCT) di Kelompok Bermain Nur Shalehah Desa Jenggawur Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal

Faiqoh, Noer Elok (2008) Pelaksanaan pendekatan beyond centers and circle time (BCCT) di Kelompok Bermain Nur Shalehah Desa Jenggawur Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_3103228_noer_elok_faiqoh]
Preview
Text (skripsi_3103228_noer_elok_faiqoh)
3103228_NOER_ELOK_FAIQOH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Noer Elok Faiqoh (NIM: 3103228). Pelaksanaan Pendekatan Beyond Centers and Circle Time (BCCT) di Kelompok Bermain Nur Shalehah Desa Jenggawur Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal. Skripsi. Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo ‏2008.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pendekatan Beyond Centers and Circle Time (BCCT) di Kelompok Bermain Nur Shalehah Desa Jenggawur Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal.
Adapun manfaat dari penelitian ini nantinya diharapkan dapat menjadi bahan informasi bagi para guru umumnya dan para guru Kelompok Bermain pada khususnya. Hal ini mengingat masih minimnya guru Kelompok Bermain yang memiliki kemampuan sebagai pendidik dalam hal persyaratan, sifat, kepribadian yang dapat menjadikan seorang pendidik mampu melaksanakan tugas-tugasnya dengan baik dan benar.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, yaitu data-data yang ada berupa kata-kata dan gambar, bukan berupa angka-angka atau data-data statistik. Sehingga dalam menganalisis datapun penulis menggunakan metode triangulasi data. Di dalam memperoleh data-data tersebut penulis menggunakan metode library research atau study pustaka dan field research atau studi lapangan, dan untuk melengkapi data-data yang ada penulis menggunakan beberapa metode seperti; metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi.
Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa memilih pendekatan yang tepat dalam pembelajaran di pendidikan anak usia dini sangatlah penting. Pendekatan Beyond Centers and Circle Time adalah salah satu pendekatan yang sangat relevan diperuntukkan pada anak usia dini karena memperhatikan tahapan-tahapan perkembangan anak dalam penerapannya. Di Kelompok Bermain Nur Shalehah Desa Jenggawur Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal telah diterapkan pendekatan BCCT yang telah diterapkan belum optimal.
Berdasarkan dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dan penyemangat bagi para guru dalam meningktakan kualitas guru dan meningkatkan kualitas perkembangan anak didik pada pendidikan anak usia dini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Beyond Centers and Circle Time (BCCT); Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 20 Jul 2020 03:23
Last Modified: 20 Jul 2020 03:23
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11583

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics