Pengaruh pembelajaran klasifikasi makhluk hidup di taman sekolah terhadap peningkatan motivasi belajar siswa dalam pelajaran biologi kelas X MA Walisongo Kayen Pati

Norra, Bunga Ihda (2009) Pengaruh pembelajaran klasifikasi makhluk hidup di taman sekolah terhadap peningkatan motivasi belajar siswa dalam pelajaran biologi kelas X MA Walisongo Kayen Pati. Undergraduate (S1) thesis, IAIN WALISONGO.

[img]
Preview
Text (NIM_3104323_Skripsi_Lengkap)
3104323_fullpdf.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif pembelajaran di Taman Sekolah dalam materi pokok Klasifikasi Makhluk Hidup Terhadap Peningkatan Motivasi Siswa Dalam Pelajaran Biologi. Penelitian ini menggunakan pre experimental design. Subjek penelitian ini dipilih menggunakan simple random sampling, sampel diambil dari 4 kelas yang ada di kelas X, dengan jumlah siswa 160 orang. Sampel diambil secara random dari 160 orang siswa dan didapatkan sampel berjumlah 40 orang. Sampel akan dikenai 2 perlakuan, yaitu pembelajaran secara konvensional dan pembelajaran secara kontekstual. Pengumpulan data menggunakan angket yang telah diuji validitas dan realibilitas datanya, serta menggunakan metode dokumentasi yang digunakan untuk memperoleh data nama siswa yang termasuk sampel penelitian. Data penelitian yang terkumpul dianalisis menggunakan metode statistik. Pengujian hipotesis menggunakan T-Test. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kontekstual di Taman Sekolah lebih meningkatkan motivasi siswa dalam pelajaran biologi dengan ditunjukkan pada harga t hitung yang lebih besar jika dibandingkan t tabel, yaitu 18,251 > 2,042. ini berarti tingkat motivasi belajar siswa pada pembelajaran Klasifikasi Makhluk Hidup melalui pembelajaran di Taman Sekolah lebih tinggi (baik) dibandingkan pembelajaran secara konvensional. Berdasarkan hal ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para sivitas akademika, para mahasiswa, para tenaga pengajar mata kuliah jurusan dan program studi di Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang terutama dalam memberikan dorongan kepada mahasiswa agar senantiasa meningkatkan motivasi berprestasi secara lebih baik lagi.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)NIDN/NIDK
Thesis advisorKhasanah, NurNIDN2013117503
Thesis advisorSukasih, SukasihNIDN2002025701
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar; pembelajaran biologi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Chusnul Adib Achmad
Date Deposited: 01 Oct 2020 02:23
Last Modified: 01 Oct 2020 02:23
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11587

Actions (login required)

View Item View Item