Upaya meningkatkan kemampuan mengidentifikasi bacaan pada pembelajaran tajwid mata pelajaran PAI melalui strategi inkuiri siswa kelas VII a SMP Annidlomiyah Kaliwungu Kendal

Musyafaah, Inayatul (2009) Upaya meningkatkan kemampuan mengidentifikasi bacaan pada pembelajaran tajwid mata pelajaran PAI melalui strategi inkuiri siswa kelas VII a SMP Annidlomiyah Kaliwungu Kendal. Undergraduate (S1) thesis, IAIN WALISONGO.

[img]
Preview
Text (NIM_3104318_Skripsi_Lengkap)
3104318_fullpdf.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kenyataan di lapangan masih dijumpai strategi mengajar yang belum maksimal khususnya dalam pembelajaran tajwid Mapel PAI, sehingga proses pembelajaran PAI kurang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran tajwid menggunakan strategi Inkuiri dan mengetahui kemampuan siswa dalam mengidentifikasi bacaan tajwid di dalam Al-Qur’an setelah menggunakan strategi Inkuiri. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc Targgart dilakukan dengan 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek pelaksana tindakan adalah dengan guru PAI Kelas VII, dan subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VII A semester I tahun ajaran 2008/2009 SMP Annidlomiyah Kaliwungu Kendal. Dalam penelitian ini peneliti melakukan perencanaan penelitian, pengamatan, mengumpulkan data, dan analisis data hasil penelitian untuk menjawab permasalahan. Data dikumpulkan melalui tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data kuantitatif dihitung dengan rumus Anava sedangkan analisis deskriptif kualitatif melalui beberapa siklus yang terdiri dari siklus I, dan siklus II. Hasil PTK ini pertama Pembelajaran dengan strategi Inkuiri dilaksanakan dengan menggunakan Inkuiri terpimpin dua arah, pada siklus I menggunakan sistem individu pada siklus II menggunakan sistem kelompok. Dengan strategi Inkuiri pembelajaran lebih kondusif dan siswa menjadi aktif selama proses pembelajaran. Kedua, Kemampuan mengidentifikasi mengalami peningkatan dari siklus I meningkat menjadi 66.76 pada siklus II meningkat menjadi 71.72. Analisis hasil penelitian membuktikan bahwa strategi Inkuiri dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi bacaan pada pembelajaran tajwid Mapel PAI siswa kelas VII A SMP Annidlomiyah Kaliwungu Kendal. Hasil penelitan tersebut diharapkan dapat memberi pengetahuan kepada semua pihak (siswa, guru dan orang tua) untuk dapat meningkatkan kemampuan siswa pada Mapel PAI.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)NIDN/NIDK
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembacaan tajwid; metode inkuiri;
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 001 Knowledge
300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Chusnul Adib Achmad
Date Deposited: 01 Oct 2020 02:23
Last Modified: 01 Oct 2020 02:23
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11588

Actions (login required)

View Item View Item