Peningkatan hasil belajar mata pelajaran fiqih bab haji melalui Metode TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) siswa kelas VIII DI MTS AL-khoiriyyah Semarang tahun ajaran 2008-2009

Aminatun, Zainab (2009) Peningkatan hasil belajar mata pelajaran fiqih bab haji melalui Metode TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) siswa kelas VIII DI MTS AL-khoiriyyah Semarang tahun ajaran 2008-2009. Undergraduate (S1) thesis, IAIN WALISONGO.

[img]
Preview
Text (NIM_3104307_Skripsi_Lengkap)
3104307_fullpdf.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mata pelajaran fiqih bab haji melalui metode Teams Games Tournament (TGT). Penelitian ini menggunakan Metode Observasi, Tes, Dokumentasi dan Wawancara dengan Teknik Analisis Kualitatif dan Analisis Kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih Kelas VIII melalui penerapan metode TGT. Hasil tersebut tidak hanya pada lingkup penguasaan kompetensi dasar semata, namun juga mencakup perubahan terhadap perilaku belajar yang positif di lingkungan siswa kelas VIII B MTs Al-Khoiriyyah Semarang. Peningkatan hasil belajar pada lingkup penguasaan kompetensi dasar ditunjukan dengan meningkatnya perolehan nilai oleh siswa, baik secara perorangan maupun dalam level rata-rata kelas. Pada tingkat rata-rata kelas, diperoleh peningkatan dari hasil semula sebelum penerapan metode TGT rata-rata kelas hanya 6,91 namun setelah diterapkan metode TGT dihasilkan rata-rata kelas sebesar 7,67. Sedangkan dalam lingkup perilaku belajar, didapatkan hasil peningkatan kemauan dan kesadaran siswa dalam menaati peraturan kelas. Hasil ini juga menjadi pendukung terciptanya suasana pembelajaran yang baik dan kondusif. Upaya-upaya yang dapat dilaksanakan dalam metode TGT sebagai penunjang upaya peningkatan hasil belajar adalah upaya peningkatan hasil belajar dengan menciptakan kontrol belajar bebasis kelompok, upaya peningkatan hasil belajar dengan pembentukan perilaku belajar positif, dan upaya peningkatan hasil belajar dengan inovasi desain pembelajaran. Sedangkan faktor-faktor yang menunjang keberhasilan penerapan metode TGT sebagai upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik adalah factor internal dalam TGT dan faktor kesesuaian karakteristik TGT dengan kondisi psikologi peserta didik kelas VIII yang termasuk dalam kategori remaja. Meskipun menunjukkan hasil yang positif, penelitian yang telah dilaksanakan tersebut juga memiliki keterbatasan. Keterbatasan-keterbatasan tersebut mencakup keterbatasan waktu, efek dari metode yang baru dilaksanakan, dan keterbatasan tempat. Keterbatasan-keterbatasan tersebut dapat diminimalisir atau bahkan dihilangkan saat penerapan metode TGT sebagai metode pembelajaran secara paten. Melihat hasil positif yang didapat dari penelitian ini, maka alangkah baiknya metode pembelajaran TGT mulai diterapkan sebagai salah satu metode alternatif sebagai upaya peningkatan hasil pembelajaran siswa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)NIDN/NIDK
Thesis advisorDarmuin, DarmuinNIDN2024046401
Thesis advisorRidwan, RidwanNIDN2001066302
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran;peningkatan hasil belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education
500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Chusnul Adib Achmad
Date Deposited: 01 Oct 2020 02:23
Last Modified: 01 Oct 2020 02:23
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11590

Actions (login required)

View Item View Item