Penerapan Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas 2 MII Simpar Kecamatan Bandar Kabupaten Batang pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq Pokok Bahasan Kalimat Toyibah Tahun Ajaran 2011/2012

Hariroh, Hariroh (2012) Penerapan Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas 2 MII Simpar Kecamatan Bandar Kabupaten Batang pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq Pokok Bahasan Kalimat Toyibah Tahun Ajaran 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093911194_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (975kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911194_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911194_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911194_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911194_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911194_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911194_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (10kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran akan lebih bermakna bila peserta didik mengalami, bukan hanya mengetahui apa yang dipelajari. Pembelajaran kontekstual atau yang sering disebut CTL (Contextual Teaching and Learning) merupakan salah satu cara alternatif dalam proses pembelajaran yang melibatkan peserta didik lebih produktif dalam belajar. CTL merupakan konsep pembelajaran yang membantu guru mengaitkan aitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi nyata dunia peserta didik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau sering disebut Classroom Action Research. Di mana merupakan suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersama. Dalam prosesnya, peneliti bertindak sebagai pengajar dan seorang kolaborator sebagai observer. Penelitian ini akan dilaksanakan dalam 2 siklus, dengan tiap siklus memiliki beberapa tahapan yakni, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di MII Simpar Kec. Bandar Kab. Batang. Waktu pelaksanaan penelitian adalah pada semester genap tahun ajaran 2011/2012 di kelas 2. Subjek pelaku tindakan adalah peneliti dan seorang kolaborator sebagai observer. Sedangkan subjek penerima tindakan adalah seluruh siswa kelas 2 MII Simpar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan prestasi belajar Aqidah Akhlaq peserta didik kelas 2 materi pokok kalimat Toyibah di MII Simpar Bandar-Batang. Hal tersebut dapat ditunjukkan melalui peningkatan yang terjadi pada setiap siklus yakni, pra siklus dengan rata-rata sebesar 57.57 dan ketuntasan klasikal sebesar 51.50%, siklus I dengan rata-rata sebesar 65.30 dan ketuntasan klasikal sebesar 84.84%, dan pada siklus II dengan rata-rata sebesar 66.80 dan ketuntasan klasikal mencapai hingga 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan prestasi belajar Aqidah Akhlaq peserta didik kelas 2 materi pokok kalimat Toyibah di MII Simpar Bandar-Batang tahun ajaran 2011/2012

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kontekstual; Prestasi Belajar; Aqidah dan Akhlaq
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 23 Dec 2013 08:07
Last Modified: 23 Dec 2013 08:07
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1160

Actions (login required)

View Item View Item