Pemberdayaan zakat PKPU Jawa Tengah dalam perspektif hukum Islam

Santoso, Arief Budi (2007) Pemberdayaan zakat PKPU Jawa Tengah dalam perspektif hukum Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 2100262_Arief Budi Santoso.pdf]
Preview
Text
2100262_Arief Budi Santoso.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Zakat adalah ibadah maaliyah ijtima’iyyah yang memiliki posisi sangat penting, strategis dan menentukan, baik dilihat dari sisi ajaran Islam maupun dari sisi pembangunan kesejahteraan umat. Zakat merupakan poros dan pusat keuangan masyarakat muslim serta sarana pemberdayaan sosial ekonomi yang konseptual dan sistematik. Sehingga zakat diidealisasikan sebagai solusi khas Islam bagi problematika sosial ekonomi.
Namun demikian, kondisi di lapangan menunjukkan bahwa zakat belum cukup mampu dan produktif memerankan fungsinya sebagai pemicu pertumbuhan dan pemerataan ekonomi serta kesejahteraan umat. Terlepas dari kompleksitas permasalahan yang melingkupinya, lemahnya manajerial umat Islam dalam menangani zakat adalah di antara penyebab utama dari tumpulnya zakat sebagai pisau pemotong laju kemiskinan dan kesenjangan. Dari sinilah tampak urgensi dan signifikansi fungsi manajemen bagi upaya revitalisasi peran zakat melalui optimalisasi kuantitas penghimpunan dan kualitas pendayagunaan.
Lembaga Kemanusiaan dan Amil Zakat Nasional Pos Keadilan Peduli Umat (PKPU) Jawa Tengah merupakan cabang PKPU Pusat Jakarta sebagai suatu lembaga penerimaan, pengumpulan, pendistribusian dan pendayagunaan zakat, infak, shadaqah, waqaf dan dana kemanusiaan lainnya dari perorangan maupun badan hukum dari para donatur di wilayah Jawa Tengah.
Dalam memberdayakan zakat, PKPU Jawa Tengah memberlakukan manajemen modern meliputi manajemen penghimpunan, pengelolaan dan pendayagunaan zakat. Pemberdayaan zakat PKPU Jawa Tengah lebih mengedepankan pada upaya membangun kemandirian mustahik melalui peningkatan produktifitas kerja.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam; Fikih; Zakat; Ibadah; PKPU
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.14 Religious Ceremonial Laws and Decisions
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.31 Pillars of Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 10 Aug 2020 07:35
Last Modified: 10 Aug 2020 07:35
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11603

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics