Peningkatan Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Pokok Sholat Id Melalui Pemanfaatan Media VCD Siswa Kelas IV MI Islamiyah Krengseng Gringsing Batang Tahun 2011/2012

Hasanah, Siti (2012) Peningkatan Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Pokok Sholat Id Melalui Pemanfaatan Media VCD Siswa Kelas IV MI Islamiyah Krengseng Gringsing Batang Tahun 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093911195_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911195_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911195_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911195_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911195_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911195_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911195_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (10kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas Peningkatan Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Pokok Sholat Id Melalui Pemanfaatan Media VCD. Kajiannya dilatar belakangi oleh prestasi belajar siswa setelah dan sebelum adanya pemanfaatan media pembelajaran, penelitianya menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan seberapa besar peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih materi pokok sholat Id melalui pemanfaatan media VCD siswa kelas IV MI Islamiyah Krengseng Gringsing Batang. Penelitian ini mengambil sampel semua jumlah siswa kelas IV yang sekaligus merupakan populasi yakni 40 siswa, dan menggunakan analisis penelitian persiklus. Pengujian hipotesis penelitian menunjukan bahwa: 1) Terjadi peningkatan rata-rata prestasi belajar siswa dari rata-rata pra siklus 62,05 meningkat menjadi rata-rata 66,30 pada siklus I dan 78,37 pada siklus II, 2) Terjadinya peningkatan prosentase ketuntasan siswa secara klasikal dari pra siklus 42,50% meningkat menjadi 67,50 % pada siklus I dan 92,50 % pada siklus II. Jadi pada siklus 2 hampir semua sudah tuntas KKM sebesar 65, 3) Bahwa peningkatan yang signifikan tersebut terjadi karena pemanfaatan media gambar terbukti dari motivasi yang tinggi sejak semula tetapi prestasi belajar tetap rendah. Prestasi belajar menjadi lebih tinggi setelah menggunakan media pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi semua pihak terutama bagi MI Islamiyah Krengseng Gringsing Batang dan sesuai dengan tujuan penulisan skripsi ini, penulis menaruh harapan terhadap semua pihak agar dapat mengambil manfaat dari pikiran-pikiran yang tertuang dalam skripsi ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pelajaran Fiqih; Sholat Id; Media Pembelajaran
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.14 Religious Ceremonial Laws and Decisions
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.38 Rites, prayer
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 23 Dec 2013 08:07
Last Modified: 23 Dec 2013 08:07
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1161

Actions (login required)

View Item View Item