Perbedaan sikap sosial antara peserta didik yang tinggal di pondok pesantren dan peserta didik yang tinggal bersama orang tua pada peserta didik kelas XI MA NU Nurul Huda Mangkang Kulon Semarang tahun ajaran 2007/2008

Alhidayah, Alhidayah (2008) Perbedaan sikap sosial antara peserta didik yang tinggal di pondok pesantren dan peserta didik yang tinggal bersama orang tua pada peserta didik kelas XI MA NU Nurul Huda Mangkang Kulon Semarang tahun ajaran 2007/2008. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_3103255_alhidayah]
Preview
Text (skripsi_3103255_alhidayah)
3103255_Alhidayah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Alhidayah (NIM: 3103255) Perbedaan Sikap Sosial Antara Peserta Didik Yang Tinggal Di Pondok Pesantren Dan Peserta Didik Yang Tinggal Bersama Orang Tua Pada Peserta Didik Kelas XI MA NU NURUL HUDA Mangkang Kulon Semarang Tahun Pelajaran 2007/2008. Skripsi. Semarang : Program Strata 1 Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo, 2008.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui sikap sosial peserta didik yang tinggal di pondok pesantren, (2) Untuk mengetahui sikap sosial peserta didik yang tinggal bersama orang tua, (3) Untuk mengetahui perbedaan sikap sosial antara peserta didik kelas XI MA NU Nurul Huda Mangkang Kulon Semarang peserta didik yang tinggal di pondok pesantren dengan yang tinggal bersama orang tua.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Adapun lokasi penelitian ini adalah MA NU Nurul Huda Mangkang Kulon Semarang. Karena data yang diperoleh nantinya berupa jumlah atau angka yang dapat dihitung secara matematik. Dalam penelitian ini dipakai rumus statistika, Metode penelitian yang digunakan penulis yaitu studi komparasi (Ttes) yang membandingkan variabel pertama (sikap sosial peserta didik yang tinggal di pondok pesantren) dan variabel kedua (sikap sosial peserta didik yang tinggal bersama orang tua). Pengumpulan data menggunakan metode angket, metode dokumentasi, dan metode observasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap sosial peserta didik yang tinggal di pondok pesantren termasuk dalam kualifikasi baik. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rarta yaitu: 84, 69. dikatakan baik karena jika seorang memiliki nilai 100 baru dikatakan luar biasa. Sedangkan peserta didik yang tinggal bersama orang tua termasuk dalam kualifikasi sedang. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata yaitu: 78,88. Dari analisis uji hipotesis diperoleh bahwa tt (t tabel) untuk taraf signifikansi 5% adalah 2,000, sedang to (t observasi) adalah 2,933 maka to< tt dengan demikian to untuk taraf signifikansi 5% adalah signifikan artinya hipotesis diterima. Sedangkan tt (t table) untuk taraf signifikansi 1% adalah 2,660 nilai to (t observasi) adalah 2,933 maka to< tt dengan demikian to untuk taraf signifikansi 1% adalah non signifikan artinya hipotesis diterima. Dengan demikian hipotesis yang diajukan peneliti yaitu terdapat perbedaan yang signifikan antara sikap sosial peserta didik yang tinggal di pondok pesantren dengan peserta didik yang tinggal bersama orang tua pada peserta didik kelas XI Madrasah Aliyah Nahdlotul Ulama Nurul Huda Mangkang Kulon Semarang tahun pelajaran 2007/2008. ini berarti sikap sosial peserta didik yang berasal dari pondok pesantren lebih baik dari peserta didik yang bertempat tinggal bersama ini dilihat dari rata-rata keduanya.
Hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, tenaga pengajar, para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan dilingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Sikap sosial; Peserta didik; Pondok pesantren; Tinggal di rumah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 27 Aug 2020 04:54
Last Modified: 27 Aug 2020 04:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11612

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics