Implementasi parenting untuk mengembangkan potensi keagamaan anak di lembaga taman pendidikan Islam anak usia dini (TPI AUD) Cahaya Ilmu Pedurungan Semarang

Ekawati, Wahyu Mei (2008) Implementasi parenting untuk mengembangkan potensi keagamaan anak di lembaga taman pendidikan Islam anak usia dini (TPI AUD) Cahaya Ilmu Pedurungan Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_3103272_wahu_mei_ekawati]
Preview
Text (skripsi_3103272_wahu_mei_ekawati)
3103272_WAHYU_MEI_EKAWATI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Wahyu Mei Ekawati (NIM: 3103272). Implementasi Parenting untuk Mengembangkan Potensi Keagamaan Anak di Lembaga Taman Pendidikan Islam Anak Usia Dini (TPIAUD) Cahaya Ilmu Pedurungan Semarang. Skripsi. Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Implementasi Parenting untuk Mengembangkan Potensi Keagamaan Anak di Lembaga Taman Pendidikan Islam Anak Usia Dini (TPIAUD) Cahaya Ilmu Pedurungan Semarang.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, interview (wawancara) dan dokumentasi. Data penelitian kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif, yaitu analisis data yang ditunjukkan bukan dalam bentuk angka melainkan dalam bentuk laporan dan uraian deskriptif, dengan menggunakan cara berfikir induktif. Berfikir induktif adalah cara menarik kesimpulan yang berangkat dari fakta-fakta yang khusus konkrit, kemudian ditarik generalisasi-generalisasi yang bersifat umum.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi parenting untuk mengembangkan potensi keagamaan anak di Lembaga TPIAUD Cahaya Ilmu Pedurungan Semarang belum dikatakan optimal karena dalam pelaksanaannya masih didapati beberapa orang tua yang belum bisa diajak bekerja sama dengan guru wali anak. Hal ini disebabkan oleh berbagai alasan di antaranya karena orang tua kurang menyadari akan pentingnya program ini dalam membantu proses belajar mengajar di sekolah. Selain itu, beberapa orang tua khususnya ibu yang punya kesibukan lain di luar rumah sehingga perhatian pada anak tidak maksimal. Mereka kurang memperhatikan bagaimana perkembangan belajar anak selama ini, problem yang dihadapi anak, potensi pada anak, kurangnya komunikasi dengan guru wali dan lain-lain sehingga dalam proses belajar mengajar hasilnya kurang maksimal. Namun, berbagai upaya dari Lembaga TPIAUD tersebut telah dilaksanakan agar orang tua memperoleh pengetahuan yang lebih serta terampil dalam mendidik dan mengasuh anak-anak mereka karena hal ini akan membantu tercapainya tujuan pembelajaran di sekolah khususnya dalam hal keagamaan. Di antara upaya tersebut adalah adanya konsultasi dengan guru wali, penyuluhan, seminar, kajian dan silaturrahim dengan orang tua murid. Hal ini bertujuan agar orang tua dan guru punya visi dan misi yang sejalan dalam upaya mengembangkan potensi anak khususnya dalam hal potensi keagamaan.
Penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi dunia pendidikan bahwa tugas serta peran orang tua dan guru dalam menjalin kerja sama sangat penting agar proses pembelajaran mencapai hasil yang maksimal sehingga proses mendidik dan mengasuh anak sesuai dengan prinsip-prinsip Islam baik di rumah maupun di sekolah bisa sejalan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Parenting; Potensi keagaman; Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 27 Aug 2020 05:07
Last Modified: 27 Aug 2020 05:07
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11614

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics