Studi epistemologi terhadap wacana pendidikan Islam dalam media pers mahasiswa : studi analisis Jurnal Edukasi pada tahun 2002-2007

Syaidun, Syaidun (2008) Studi epistemologi terhadap wacana pendidikan Islam dalam media pers mahasiswa : studi analisis Jurnal Edukasi pada tahun 2002-2007. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_3103289_syaidun]
Preview
Text (skripsi_3103289_syaidun)
3103289_SYAIDUN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Syaidun (NIM. 3103289). Studi Epistemologi Terhadap Wacana Pendidikan Islam Dalam Media Pers Mahasiswa (Studi Analisis Jurnal Edukasi Pada Tahun 2002-2007). Skripsi Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo, 2008.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Wacana Pendidikan Islam dalam Jurnal LPM Edukasi? (2) Apa ideologi yang digunakan jurnal Edukasi dalam membedah wacana pendidikan Islam Perspektif Epistemologi? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pemikiran kontemporer para mahasiswa tentang wacana pendidikan Islam yang dituangkan dalam jurnal LPM EDUKASI. Sehingga nantinya dapat diklasifikasikan menurut ideologi-ideologi dalam pendidikan.
Metode dalam pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi yaitu mengumpulkan data yang ada kaitanya dengan data-data yang dibutuhkan. Kemudian juga menggunakan metode interview (wawancara) yaitu dengan jalan tanya jawab yang dikerjakan secara sistematik dan berlandaskan pada tujuan penelitian. Kemudian untuk teknik analisis data, peneliti melakukan analisa data dengan melakukan penelitian berdasarkan atas filosofisnya atau disebut filsafat analysis.
Hasil penelitian menunjukan bahwa setelah melihat dan menganalisis dari beberapa wacana yang diangkat dalam jurnal Edukasi mulai dari Jurnal Edukasi volume I Th.X/ Desember 2002 sampai dengan volume IV, Nomor 1, April 2007, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa ideologi yang dipakai oleh redaktur dalam mengangkat tema-tema jurnal Edukasi menggunakan ideologi Liberal dan ideologi Kritis. Ideologi Liberal terdapat dalam wacana yang diangkat dalam jurnal Edukasi volume I Th.X/ Desember 2002 yang mengangkat tema utama tentang pendidikan Islam liberal dan jurnal Edukasi Volume III Nomor I Juni 2006 yaitu jurnal yang mengangkat tema Islam Kiri ; Pendidikan Dan Gerakan Social
Sedangkan ideologi Kritisisme digunakan redaktur dalam mengangkat tema-tema pada Jurnal Edukasi volume II no 1 Januari 2004 yang mengusung pendidikan Islam kritis kemudian juga dalam Jurnal volume II, Nomor 2, Desember 2004 tentang Deinstitusionalisasi pendidikan dan juga dalam jurnal volume IV Nomor I Maret 2007 yang mengangkat Islam Phobia sebagai tema besarnya.
Wacana yang diusung adalah wacana-wacana yang berangkat dari isu-isu endidikan Islam kontemporer. Selain itu dilihat dari sumber permasalahan yang diangkat dalam Jurnal Edukasi lebih mengarah pada ranah wacana pemikiran (intelektual) yang dituangkan melalui tulisan dalam jurnal tersebut, sehingga wacana-wacana yang ditawarkan lebih bersifat akademisi. Selain itu isi Jurnal Edukasi lebih mengarah pada tujuan yang dikhususkan dalam pengembangan wacana (Discuss Empowering), meskipun hal itu bukan dari wacana yang bersifat up to date (seperti dalam Jurnal Edukasi volume I, Th.X/Desember/2002 dan Jurnal Edukasi Volume III Nomor II 2007), dan dalam wacana yang termasuk non-up to date (seperti dalam Jurnal Edukasi volume II, nomor 1 Januari 2004 dan Jurnal Edukasi volume III, nomor 1 Juni 2006), serta adakalanya wacana dalam Jurnal Edukasi merupakan jenis wacana yang “dibuat” oleh jurnal Edukasi sendiri (seperti dalam Jurnal Edukasi volume II, nomor 2 Desember 2004).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam; Epistemologi; Pers mahasiswa; Jurnal mahasiswa
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 01 Sep 2020 03:48
Last Modified: 01 Sep 2020 03:48
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11618

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics