Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Materi Pokok Sifat-Sifat Pengerjaan Hitung Bilangan Bulat dengan Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) di Kelas V Semester I MI Sendang Tersono Batang Tahun Ajaran 2011/2012

Solikhin, Solikhin (2012) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Materi Pokok Sifat-Sifat Pengerjaan Hitung Bilangan Bulat dengan Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) di Kelas V Semester I MI Sendang Tersono Batang Tahun Ajaran 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 093911196_Coverdll.pdf]
Preview
Text
093911196_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (253kB) | Preview
[thumbnail of 093911196_Bab1.pdf]
Preview
Text
093911196_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 093911196_Bab2.pdf]
Preview
Text
093911196_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 093911196_Bab3.pdf]
Preview
Text
093911196_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (55kB) | Preview
[thumbnail of 093911196_Bab4.pdf]
Preview
Text
093911196_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 093911196_Bab5.pdf]
Preview
Text
093911196_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (11kB) | Preview
[thumbnail of 093911196_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
093911196_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (15kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang upaya peningkatan hasil belajar matematika materi pokok sifat-sifat pengerjaan hitung bilangan bulat melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siswa kelas V MI Sendang Tersono Batang tahun ajaran 2011/ 2012. Kajian yang dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik yang masih di bawah rata-rata, dan perlunya pembelajaran matematika yang menggunakan berbagi metode efektif untuk membuat pembelajaran menjadi lebih kondusif. Sehingga penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : (1) Bagaimana pelaksanaan model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) terhadap hasil belajar materi pokok sifat-sifat pengerjaan hitung bilangan bulat peserta didik kelas V semester I MI Sendang Kecamatan Tersono Batang Tahun Pelajaran 2011/2012? (2) Apakah penerapan model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) pada materi pokok sifat-sifat pengerjaan hitung bilangan bulat dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V semester I MI Sendang Kecamatan Tersono Batang Tahun Pelajaran 2011/2012?
Permasalahan tersebut dibahas melalui penilitan tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas V MI Sendang Tersono Batang. Pengambilan tersebut didasarkan pada nilai rata-rata peserta didik yang jauh dibawah rata-rata 60. Adapun data yang diolah, diperoleh dari berbagai wawancara, observasi, tes dan dokumentasi, yang di analisis selama dua siklus. Kajian pada tulisan ini menunjukkan bahwa: (1) Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran matematika materi pokok sifat-sifat pengerjaan hitung bilangan bulat di kelas V MI Sendang Kecamatan Tersono Kabupaten Batang mampu meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pendalaman materi yang diajarkan. Hal ini terbukti dengan adanya persiapan RPP dan alat bantu pembelajaran seperti tes instrumen nilai hasil belajar dan keaktifan belajar, juga media pembelajaran, selanjutnya guru melakukan tindakan proses pembelajaran dengan cara menerangkan materi, memberikan praktek modeling dalam rangka mengerjakan hitungan bilangan bulat dengan sifat (komutatif, asosiatif dan deskriptif) setelah didapatkan hasil kemampuan dan aktivitas belajar siswa kemudian peneliti dan kolabolator merefleksi kegiatan dan melakukan perbaikan untuk dilakukan pada siklus berikutnya.(2) Ada peningkatan prestasi belajar siswa pelajaran pada mata pelajaran matematika materi pokok sifat-sifat pengerjaan hitung bilangan bulat di kelas V MI Sendang Kecamatan Tersono Kabupaten Batang, hal ini dapat di lihat dari kenaikan nilai hasil belajar siswa dimana pada pra siklus 23,5% menjadi 35,3% pada siklus I meningkat lagi pada siklus II yaitu 70,6% dan pada siklus III sudah mencapai 88,2%, peningkatan juga bisa dilihat dari keaktifan belajar siswa dimana pada siklus I 41,2% dan pada siklus II 76,5% dan di siklus III sudah mencapai 82,4%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pelajaran Matematika; Model Pembelajaran; Contextual Teaching Learning (CTL); Hasil Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 519 Probabilities and applied mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 23 Dec 2013 08:09
Last Modified: 23 Dec 2013 08:09
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1162

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics