Perjalanan spiritual Prof. Dr. HM. Amin Syukur, MA : studi kasus penyembuhan penyakit dengan terapi sufistik

Faizin, Muhammad (2008) Perjalanan spiritual Prof. Dr. HM. Amin Syukur, MA : studi kasus penyembuhan penyakit dengan terapi sufistik. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_4101025_muhamad_faizin]
Preview
Text (skripsi_4101025_muhamad_faizin)
4101025_MUHAMMAD_FAIZIN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam perkembangan ilmu tasawuf mengalami perkembangan yang sangat pesat yaitu dalam berbagai hal pada disiplin yang lainya. Prof.Dr.HM.Amin Syukur, MA, yang nota bene telah berangkat sebagai guru besar ilmu tasawuf telah mengamalkan ilmunya untuk memecahkan permasalahan yang melanda dirinya dan begitu besar untuk dihadapinya, yaitu menyembuhkan penyakit kanker yang ada pada otak dan saluran pernapsan (nasopharing).

Kajian skripsi ini menitik beratkan pada bagaimana dan sejauhmana terapi sufistik yang dilakukan Prof.Dr.H.M Amin Syukur,MA, sebagai pendamping medis telah mampu menyembuhkan penyakit yang di alaminya dan dokterpun memvonis penyakitnya dalam jangka tiga bulan sampai satu tahun beliau akan meninggal dunia, akan tetapi kenyataanya masih hidup sampai sekarang, terapi sufistik yang dilakukan yaitu dengan berdzikir,do’a dan terapi tahajud. Suatu kajian yang berhasil tentang bahasan terapi sufistik yang di gabungkan dengan berbagai disiplin ilmu dalam jurusan tasawuf dan psikoterapi, akan memberikan warna dan makna baru serta pencerahan yang mendalam untuk lebih memahami ketelitian dalam aspek-aspek sebagai karya ilmiah.

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang data-datanya diperoleh dengan teknik observasi, interview langsung dengan Prof.Dr.HM.Amin Syukur, MA dan keluarganya. Sedangakan proses analisis data, penulis menggunakan teknik diskriptif fenomenologis dengan menganalisis seluruh data yang diperoleh sebagai kesatuan utuh yang saling melengkapi dan berhubungan.

Kesimpulan akhir dari penelitian ini dapat dijelaskan, bahwa penyembuhan dengan cara terapi sufistik sebagai pendamping medis merupakan upaya penyembuhan dengan cara menggabungkan dua dimensi (fisik dan non fisik). Akan tetapi pengobatan yang di angkat dalam penyusunan skripsi ini untuk kesembuhan Prof.Dr.HM.Amin Syukur.MA adalah non medisnya atau terapi sufistik yang didalamnya meliputi dengan cara menggunakan terapi do’a, shalat tahajud dan olah napas dzikrullah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Perjalanan spiritual; Terapi sufistik; Penyembuhan penyakit
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.4 Sufism
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 02 Sep 2020 07:33
Last Modified: 19 Jun 2021 01:46
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11622

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics