Hadits tentang anjuran berwudhu dalam melaksanakan aktifitas diluar shalat : tela'ah ma'ani al-hadits

Hidayati, Mitra Sari (2008) Hadits tentang anjuran berwudhu dalam melaksanakan aktifitas diluar shalat : tela'ah ma'ani al-hadits. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi 4102052 Mitra Sari Hidayati]
Preview
Text (Skripsi 4102052 Mitra Sari Hidayati)
4102052_Mitra_Sari_Hidayati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pada menjelang akhir kerasulannya Rasulallah SAW berpesan untuk senantiasa berpegang teguh kepada Al-Qur'an dan Hadits serta mengajarkannya pada orang lain. Hadits adalah ucapan (qauli), dan tindakan (fi'li), serta sikap dan kesan (taqriri) Nabi SAW terhadap sesuatu, hadits dalam risalah Islam merupakan teladan yang harus diikuti. Karena hadits sebagai teladan, maka hadits dilestarikan dengan cara dihafalkan dan diamalkan dalam praktek ibadah.
Ini berarti setiap muslim harus mengikuti contoh Nabi SAW dalam setiap aspek hidupnya, segala tindakannya ditetapkan oleh Allah sebagai teladan bagi semua muslim salah satunya ibadah wudhu banyak orang yang kurang mengetahui tentang wudhu yang di sunahkan, padahal apabila kita senantiasa mengamalkannya akan memperoleh pahala serta kita dapat mengetahui hikmah yang terkandung dalam ibadah wudhu. Maka dari itu penulis tertarik untuk mengangkat judul skripsi "Hadits Tentang Anjuran Berwudhu dalam Melakukan Aktifitas diluar shalat (Tela'ah Ma'ani al-Hadits).
Dalam menyusun skripsi ini penulis menggunakan beberapa metode, dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode library research, yaitu metode kepustakaan baik melalui membaca, meneliti, memahami buku-buku majalah maupun literatur lain. Sumber data menggunakan sumber data primer dan sekunder dan dalam menganalisa data menggunakan metode deskripsi dan content analysis (analisis isi).
Dengan menganalisis maka banyak ibadah-ibadah yang apabila kita melakukannya harus didahului dengan berwudhu, baik sebelum tidur, tidur dalam keadaan junub, makan dan minum dalam keadaan junub. Ada juga hikmah yang terkandung dalam ibadah wudhu sebagai pembersih noda, penambah amal kebajikan, maupun menambah derajat disisi Allah SWT.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Berwudhu; Makna hadis; Studi hadis
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.125 Hadits > 297.1251 Study of Text of Hadith
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76231 - Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 03 Sep 2020 04:42
Last Modified: 03 Sep 2020 04:42
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11633

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics