Hubungan antara kesulitan dengan tingkat kecemasan mahasiswa Ushuluddin dalam penyusunan skripsi

Nur, M. Fuaddin (2008) Hubungan antara kesulitan dengan tingkat kecemasan mahasiswa Ushuluddin dalam penyusunan skripsi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text (Skripsi M. Fuaddin Nur)
4102120_M_FUADDIN_NUR.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi adalah karya tulis ilmiah yang disusun mahasiswa sebagai syarat untuk memperoleh gelar sarjana (S1). Namun dalam praktiknya mahasiswa banyak menemui hambatan/kesulitan untuk menyelesaikan skripsinya. Hambatan/kesulitan inilah salah satu faktor yang dapat memicu kecemasan pada sebagian mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. Penelitian ini dilakukan bertujuan :1). Mencari korelasi antara kesulitan dengan kecemasan mahasiswa dalam menyusun skripsi. 2). Untuk mengetahui sejauhmana tingkat kesulitan mahasiswa dalam penyusunan skripsi, dan 3). Sejaumana tingkat kecemasan yang dihadapi mahasiswa dalam menyusun skripsi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa ushuluddin yang sedang pengerjaan skripsi yaitu angkatan 2002-2004. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 40 orang dengan menggunakan teknic random sampling. Yaitu pengambilan sampel dilakukan secara acak. Hipotesis yang diajukan yaitu ada hubungan positif antara kesulitan dengan tingkat kecemasan. Semakin tinggi tingkat kesulitan mahasiswa dalam menyusun skripsi, maka akan semakin tinggi tingkat kecemasan yang dihadapi. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field Research) dengan menggunakan metode kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket kepada responden untuk mengisi pertanyaan dan pernyataan yang diajukan peneliti. Pengolahan data dalam penelitian ini dengan bantuan komputer SPSS versi 12.0 for windows. Untuk analisis data pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan teknik korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara kesulitan dengan kecemasan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)NIDN/NIDK
Thesis advisorSofwan, RidinNIDN9920112044
Thesis advisorIchwan, Moh NorNIDN2021017003
Uncontrolled Keywords: Kecemasan; Mahasiswa; Kesulitan; Skripsi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher education > 378.1 Organisasi dan aktivitas perguruan tinggi (dosen, staf, mahasiswa, kurikulum)
600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 616 Diseases
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 14 Sep 2020 04:20
Last Modified: 14 Sep 2020 04:20
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11639

Actions (login required)

View Item View Item