Kandungan nilai sufistik dalam syair lagu : study analisis syair lagu dalam group band Dewa periode 2000-2007

Yulianto, Yulianto (2008) Kandungan nilai sufistik dalam syair lagu : study analisis syair lagu dalam group band Dewa periode 2000-2007. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi 4102142 Yulianto]
Preview
Text (Skripsi 4102142 Yulianto)
4102142_YULIANTO.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perjalanan hidup yang dialami oleh manusia seringkali membawa perubahan dalam kehidupan manusia tersebut. Perubahan-perubahan itu dapat terlihat secara nyata dalam tindakan hidup keseharian maupun dalam sesuatu yang abstrak di luar tindakan manusia. Salah satu bentuk perubahan tersebut, khususnya dalam dunia seni, dapat terlihat dalam hasil karya seni yang dihasilkannya sebagaimana yang terjadi dalam perjalanan Group Band Dewa. Group band yang di awal kemunculannya dikenal dengan album yang penuh dengan tembang-tembang cinta manusiawi, saat ini telah mengalami perubahan dengan adanya unsur sufistik yang terkandung dalam syair lagu-lagu pada album mereka selama periode 2000-2007. Hal inilah yang mendorong Yulianto (4102142), mahasiswa Fakultas Ushuluddin jurusan Tasawuf Psikoterapi melakukan penelitian terhadap syair-syair lagu Dewa periode 2000-2007 yang bernuansa sufistik dengan judul penelitian “KANDUNGAN NILAI SUFISTIK DALAM SYAIR LAGU (Study Analisis Syair Lagu dalam Group Band Dewa Periode 2000-2007)". Penelitian ini memusatkan pada konten dalam syair lagu sehingga metode pengumpulan datanya menggunakan teknik pengumpulan data dokumentasi.
Dari data yang diperoleh dapat dijelaskan bahwasanya dari album periode 2000-2007, terdapat 13 lagu dari 42 lagu selama kurun waktu tujuh tahun yang terdapat nilai-nilai sufistik. Nilai-nilai kandungan sufistik yang ada meliputi dua nilai besar yakni nilai kandungan sufistik yang berkaitan dengan cinta manusia dengan sesama manusia dan nilai kandungan sufistik yang berkaitan dengan cinta manusia kepada Tuhannya. Nilai kandungan sufistik tentang cinta antar manusia meliputi asal dan hakekat cinta, fungsi cinta bagi manusia, serta manfaat cinta dalam kehidupan antar manusia. Sedangkan nilai kandungan sufistik yang berkaitan dengan cinta manusia kepada Tuhannya mencakup perasaan dalam pertemuan dengan cinta Ilahi, perasaan ketika penyatuan cinta manusia dengan Ilah-nya telah terjadi, hingga tingkah laku sufi dalam iringan takdir-Nya.
Meski banyak mengandung nilai-nilai sufistik, hal itu tidak lantas dapat menjadikan Dhani sebagai sosok sufi atau orang yang menjalani kehidupan sufi. Dari proses analisis yang dilakukan dapat diketahui bahwasanya syair yang dituangkan dalam lagu-lagu Dewa lebih cenderung pada penyajian pemikiran sufi tokoh-tokoh sufi daripada pengalaman hidup Dhani. Secara lebih spesifik, dalam tinjauan hermeneutic historisasi manusia, apa yang telah dilakukan oleh Dewa, khususnya Dhani, baru sebatas pada tingkat gagasan. Maksudnya adalah gagasan untuk memperkenalkan nilai-nilai sufistik kepada masyarakat sebagai referensi dalam kehidupan. Meskipun baru sebatas pada tingkat gagasan, apa yang telah dilakukan Dewa secara keseluruhan memiliki relevansi dengan pembaharuan makna cinta dalam dunia sufi. Hal itu terlihat di mana syair-syair lagu Dewa lebih ingin memperkenalkan bahwa cinta sufi tidak hanya terbatas pada cinta hubungan antara manusia dengan Tuhannya semata, sebagaimana dilakukan oleh sufi masa asketis, namun juga mencakup cinta antar manusia.
Perpaduan dua cinta yang merupakan implementasi hakekat cinta Ilahiah tersebut juga memiliki relevansi dengan kehidupan yang dialami bangsa Indonesia yang sedang mengalami krisis multidimensi. Dengan kehadiran syair-syair sufistik dalam album Dewa periode 2000-2007, harapan itu adalah menjadikan nilai-nilai sufistik sebagai dasar kehidupan, baik kehidupan berketuhanan maupun kehidupan bermasyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Sufisme; Syair lagu; Islam dan kesenian
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.267 Islam and arts
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.4 Sufism > 297.45 Sufi ethics
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 14 Sep 2020 04:33
Last Modified: 19 Jun 2021 02:04
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11641

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics