Pembentukan kepribadian anak : studi pada anak panti asuhan yatim piatu Ar-Rodiyah Kelurahan Sambiroto Kecamatan Tembalang Kota Semarang

Umam, Syaeful (2008) Pembentukan kepribadian anak : studi pada anak panti asuhan yatim piatu Ar-Rodiyah Kelurahan Sambiroto Kecamatan Tembalang Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi 4102144 Syaeful Umam]
Preview
Text (Skripsi 4102144 Syaeful Umam)
4102144_SYAEFUL_UMAM.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Anak-anak panti asuhan adalah anak-anak yang secara garis besar mempunyai permasalahan disfungsi keluarga, yang menyebabakan tidak terpenuhinya salah satu faktor atau semua dari faktor Orgonobiologi, psikoedukatif, sosial budaya, maupun faktor Agama sebagaimana mestinya. Sehingga hal ini bisa menyebabkan terjadinya masalah kepribadian, seperti : kenakalan remaja, kriminal, tindak asusila dan lain sebagainya.
Panti asuhan merupakan salah satu lembaga yang bergerak untuk memenuhi kebutuhan anak-anak yang kurang mampu, yatim-piatu, dituntut untuk mampu memeberikan pembentukan kepribadian yang ideal kepada anak-anak panti asuhan.
Secara garis besar penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1. Bagaimana metode pembentukan kepribadian anak di panti asuhan yatim piatu ar-Rodiyah Sambiroto, Tembalang, Semarang, 2. Bagaimana hasil pembentukan kepribadian anak di panti asuhan yatim piatu ar-Rodiyah Sambiroto, Tembalang, Semarang.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (Field Research), yaitu pengumpulan data yang dilakukan dengan penelitian di tempat terjadinya gejala yang diselidiki. Sedangkan sifatnya, penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang digunakan untuk meminta informasi yang bersifat menerangkan dalam bentuk uraian dan tidak mewujudkan dalam bentuk angka-angka, melainkan dalam bentuk penjelasan yang menggambarkan keadaan, proses dan peristiwa pembentukan kepribadian anak di panti asuhan yatim piatu ar Rodiyah Sambiroto Tembalang Semarang
Sedangkan tehnik pengumpulan data menggunakan tehnik observasi, angket atau quesioner, interview, dan dokumentasi.
Untuk menganalisis data penulis menggunakan 2 tehnik analisis yaitu : 1. analisis deskriptif, Jadi analisis data yang digunakan analisis non statistik, yaitu menggunakan analisis deskriptif analitis. Analisis data yang digunakan bukan dalam bentuk angka, melainkan dalam bentuk laporan dan uraian deskriptif. Untuk selanjutnya dianalisis dengan kerangka berfikir induktif. Dalam teknik ini, data yang diperoleh secara sistematis dan obyektif, melalui wawancara, angket, dokumentasi, observasi diolah dan dianalisis sesuai dengan karakteristik penelitian kualitatif.
Selanjutnya 2. analisis phenomenologis yaitu bentuk pengamatan terhadap gejala-gejala suatu obyek. Metode ini penulis gunakan untuk mengetahui fenomena-fenomena psikologis yang berkaitan dengan Pembentukan Kepribadian Anak di Panti Asuhan Yatim Piatu ar-Rodiyah Kelurahan Sambiroto Kecamatan Tembalang Kota Semarang.
Metode yang digunakan di panti asuhan ar-Rodiyah adalah metode pembiasaan, metode keteladanan dan metode latihan. Dari berbagai aspek psikologis dan berbagai jadwal kegiatan yang telah diterapkan oleh panti asuhan ar-Rodiyah. Dan hasilnya penelitian penulis dilapangan tentang pembentukan kepribadian anak panti asuhan yatim piatu ar-Rodiyah menurut hasil penelitian adalah baik. Dengan prosentase yang menjawab Ya, ada 66,665% anak, sedang yang menjawab kadang-kadang ada 24,7925% dan yang menjawab tidak ada 8,54125%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kepribadian anak; Anak yatim
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 14 Sep 2020 04:38
Last Modified: 19 Jun 2021 02:04
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11642

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics