Hubungan antara qona’ah dengan depresi pada lanjut usia di Panti Wredha Ngaliyan Semarang

Makhmudah, Laelatul (2008) Hubungan antara qona’ah dengan depresi pada lanjut usia di Panti Wredha Ngaliyan Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi 4103045 Laelatul Makhmudah]
Preview
Text (Skripsi 4103045 Laelatul Makhmudah)
4103045_Laelatul_Makhmudah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh, Masa lanjut usia merupakan proses perkembangan alamiah yang terjadi pada siklus kehidupan manusia. Pengaruh proses ketuaan menimbulkan berbagai masalah, sebab usia tua adalah periode penutup dalam rentang hidup seseorang, yaitu suatu periode dimana seseorang telah beranjak jauh dari periode terdahulu yang Lebih menyenangkan, atau beranjak dari waktu yang penuh manfaat.
Para lanjut usia mengalami masa transisi termasuk pada kondisi fisiknya, yaitu kulit menjadi keriput, kesehatan mulai menurun, mudah lelah, dan sebagainya. Perubahanyang dialami para lanjut usia akan menyebabkan orang lanjut usia merasa tersisih dan tidak lagi dibutuhkan peranannya sebagai anggota keluarga kemudian salah satu jalan yang dipilih adalahmenempatkan orang lanjut usia di panti wredha.
Depresi adalah kemurungan berupa kesedihan dan kepatahan semangat yang ditandai dengan perasaan tidak puas, menurunnya kegiatan dan psimisme menghadapi masa yang akan datang.
Sementara dalam ilmu tasawuf mempunyai konsep qona’ah. Qona’ah merupakan suatu perintah dari Allah SWT kepada manusia yang segala sesuatunya bersandar kepada-Nya. Dengan demikian hati seseorang selalu bersandar dan bergantung kepada Allah SWT semata-mata. Orang yang mampu menerima dirinya, mampu pula menerima orang lain walaupun keadaannya berbeda.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: ada korelasi negatif antara Qona’ah dengan Depresi pada lanjut usia di Panti Wredha Ngaliyan Semarang?
Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, yang berjumlah 43 orang. Teknik analisis datanya mengunakan korelasi product Moment. Penelitian ini terdapat dua variabel, yaitu Qona’ah sebagai variabel bebas atau independent (x) dan Depresi sebagai variabel tergantung atau dependent (y). Sedangkan pengumpulan data tersebut menggunakan alat ukur dan skala.
Pengujian hipotesis penelitian dengan mengunakan teknik korelasi diperoleh hasil 0,092 yang artinya hubungan antara Qon’ah dan Depresi tidak signifikan. Terlihat bahwa nilai probabilitas antara Qona’ah dan Depresi adalah 0,559. Berdasarkan standar interpretasi terhadap koefisien korelasi artinya hubungan antara Qona’ah dan Depresi tidak berkorelasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Qonaah; Depresi; Lanjut usia; Panti Wredha
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.4 Sufism > 297.45 Sufi ethics
300 Social sciences > 360 Social services; association > 363 Other social problems and services
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 16 Sep 2020 01:55
Last Modified: 16 Sep 2020 01:55
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11655

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics