Pengaruh Metode Iqra' terhadap Kemampuan Anak dalam Membaca Al-Qur'an secara Fasih dan Tartil Siswa TPQ Tasywiqussalaf Desa Jleper Kecamatan Mijen Kabupaten Demak

Astutik, Astutik (2012) Pengaruh Metode Iqra' terhadap Kemampuan Anak dalam Membaca Al-Qur'an secara Fasih dan Tartil Siswa TPQ Tasywiqussalaf Desa Jleper Kecamatan Mijen Kabupaten Demak. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093911201_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911201_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911201_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911201_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911201_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911201_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911201_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (7kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengaruh penerapan metode Iqra’ terhadap peningkatan kemampuan membaca al-Qur’an secara fasih dan tartil di TPQ Tasywiqussalaf desa Jleper kecamatan Mijen kabupaten Demak. Kajiannya dilatarbelakangi oleh keanegaragaman metode pembelajaran yang digunakan untuk pembelajaran membaca al-Qur'an untuk anak. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : (1) Bagaimana metode Iqro’ diberikan kepada siswa di TPQ Taswiqussalaf desa Jleper kecamatan Mijen kabupaten Demak? (2) Bagaimanakah pengaruh metode Iqro’ terhadap kemampuan membaca al-Qur’an secara fasih dan tartil siswa TPQ Tasywiqussalaf desa Jleper kecamatan Mijen kabupaten Demak? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di TPQ Tasywiqussalaf desa Jleper kecamatan Mijen kabupaten Demak. TPQ ini merupakan salah satu TPQ yang telah menggunakan metode iqra' dalam pembelajaran membaca al-Qur'an. Datanya diperoleh dengan cara observasi wawancara dan tes praktik membaca al-Qur'an. Semua data dianalisis dengan analisis deskriptif dengan mengunakan rumus korelasi product momment yang membandingkan antara antara data variabel bebas yang dalam hal ini adalah metode Iqra' dengan variabel terikat yang dalam hal ini adalah kemampuan membaca al-Qur'an secara fasih dan tartil. Metode iqra' sebagai variabel bebas merupakan cara atau teknik yang digunakan untuk menjadikan anak mampu membaca secara fasih dan tartil sesuai tujuan diciptakannya metode Iqra' (buku iqra') dengan menekankan pembiasaan membaca secara benar dengan dibimbing guru atau usstadz. Indikator penggunaan metode iqra' didasarkan pada : (1) Kemampuan guru dalam mengajarkan metode Iqra'.(2) Frekuensi penggunaan buku Iqra' dalam setiap kegiatan pembelajaran. (3) Ada penjelasan dan contoh dari guru. (4) Adanya bimbingan dari orang tua tentang penerapan metode Iqra' saat pembelajaran di rumah. Sedangkan kemampuan membaca sebagai variabel terikat merupakan hasil dari penggunaan metode iqra'. Indikator kemampuan ini beracuan pada tujuan yang ada pada buku Iqra', diantaranay adalah : (1) Paham bentuk & nama huruf-huruf hijaiyah dengan benar. (2) Pemahaman tentang hukum tajwid bacaan. (3) Pemahaman tentang makhraj huruf. (4) Kelancaran dalam membaca al-Qur'an. Dari data dari wawancara dan tes membaca al-qur'an , untuk variabel bebas memiliki nilai rata-rata 2.88, yang berarti penggunaan metode Iqra' sangatlah efektif. Sedangkan kemampuan membaca anak secara fasih dan tartil didapat nilai rata-rata 3,29 ini berarti kemampuan anak sangat bagus. Dari perhitungan product momment data diatas diperoleh nilai signifikan 0,574 (ro>rt, rt=0,415) yang berarti penggunaan metode Iqra' sangat mempengaruhi kemampuan anak dalam membaca al-Qur'an secara fasih dan tartil, dengan begitu hipotesis penulis bahwa penggunaan metode Iqra' berpengaruh terhadap kemampuan anak dalam mmbaca al-Qur'an secara fasih dan tartil adalah benar dan dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Iqra'; Membaca Al-Qur'an; TPQ
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 23 Dec 2013 08:28
Last Modified: 23 Dec 2013 08:28
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1166

Actions (login required)

View Item View Item