Upaya menumbuhkan rasa percaya diri penyandang cacat tuna netra : analisis psikologis di Panti Distrarastra Pemalang

Susilowati, Sri (2008) Upaya menumbuhkan rasa percaya diri penyandang cacat tuna netra : analisis psikologis di Panti Distrarastra Pemalang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi 4103096 Sri Susilowati]
Preview
Text (Skripsi 4103096 Sri Susilowati)
4103096_SRI_SUSILOWATI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (682kB) | Preview

Abstract

Sri Susilowati (4103096), Upaya Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Penyandang Cacat Tuna Netra (Analisis Psikologis di Panti Distrarastra Pemalang). Skripsi. Semarang : program Strata 1 Jurusan Tasawuf Psikoterapi IAIN Walisongo 2008

Kecacatan adalah ketidaklengkapan atau ketidaknormalan yang oleh karenanya merupakan suatu rintangan atau hambatan baginya untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan secara layak. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka yang menjadi pokok permasalahan adalah bagaimana upaya menumbuhkan rasa percaya diri penyandang cacat tuna netra di panti Distrarastra Pemalang dan sejauhmana efektivitas upaya menumbuhkan rasa percaya diri bagi penyandang cacat tuna netra di panti Distrarastra Pemalang
Penelitian ini merupakan jenis penelitian field research yaitu menyelidiki, mengadakan pengamanan secara langsung (tanpa alat) terhadap gejala-gejala subyek yang diselidiki, baik pengamatan itu dilakukan didalam satuan sebenarnya maupun dilakukan didalam situasi buatan yang khusus diadakan. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan wawancara.
Data penelitian yang terkumpul dianalisis menggunakan metode analisa deskriptif kualitatif, yakni suatu situasi tertentu yang bersifat faktual secara sistematis dan akurat. Penggunaan metode ini memfokuskan penulis pada adanya usaha untuk menganalisa seluruh data (sesuai dengan pedoman rumusan masalah) sebagai satu kesatuan dan tidak dianalisa secara terpisah.
Dari hasil penelitian upaya menumbuhkan rasa percaya diri penyandang cacat tuna netra di panti Distrarastra Pemalang, dengan meningkatkan kemampuan untuk mengatur dirinya sendiri, bantuan dan pengajaran yang tepat serta mobilitas. Adanya percaya diri pada penyandang cacat tuna netra di panti Distrarastra Pemalang akan membuat individu memandang positif terhadap orang lain dan dunia sekitarnya, ia juga memandang dirinya berharga dan iterima oleh lingkungan, sehingga cenderung memandang dunia sebagai tempat yang aman serta melakukan interaksi dengan rasa aman pula. Cara yang dilakukan Panti Distrarastra Pemalang dalam menumbuhkan rasa percaya diri dengan pendidikan tentang gangguan, pelatihan ketrampilan komunikasi, pelatihan pemecahan masalah, strategi kognitif behaviour dan perlatihan pemecahan masalah. Upaya menumbuhkan rasa percaya diri bagi penyandang cacat tuna netra di panti Distrarastra Pemalang telah efektif, hal ini ditunjukkan kondisi psikologi 80% penyandang cacat tuna netra di panti Distrarastra Pemalang sudah memiliki rasa percaya diri, dari kondisi sosial yaitu penyandang cacat tuna netra di Panti Distrarastra Pemalang 80% sudah mampu berteman dengan orang normal. Sedangkan ditinjau dari kondisi pendidikan yaitu 80% sudah memiliki pendidikan yang setingkat dengan pendidikan menengah keatas, hal ini memudahkan para tuna netra untuk mengenal pekembangan ilmu teknologi agar tidak terlalu ketinggalan dengan pengetahuan yang dimiliki orang normal. Kondisi lingkungan di Panti Distrarastra Pemalang 80% mendukung proses belajar tuna netra, hal ini terbukti bahwa tuna netra sangat cepat menyerap materi yang diajarkan karena dengan adanya dukungan dari lingkungan sekitar panti.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Tuna netra; Percaya diri
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 16 Sep 2020 07:10
Last Modified: 19 Jun 2021 02:03
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11662

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics