Meningkatkan Prestasi Belajar Melalui Kombinasi Metode Hafalan dan Penugasan dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Materi Surat Al-Insyirah Pada Siswa Kelas IV Semester 1 Madrasah Ibtidaiyah Matholiul Huda Kedungwaru Kidul Karanganyar Demak.

Junaedi, Junaedi (2012) Meningkatkan Prestasi Belajar Melalui Kombinasi Metode Hafalan dan Penugasan dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Materi Surat Al-Insyirah Pada Siswa Kelas IV Semester 1 Madrasah Ibtidaiyah Matholiul Huda Kedungwaru Kidul Karanganyar Demak. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093911203_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911203_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911203_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911203_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911203_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911203_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911203_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (10kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil diskusi dengan teman sejawat di MI Matholi’ul Huda Demak, rendahnya hasil belajar al-Qur’an Hadits disebabkan oleh kurangnya konsentrasi siswa dalam belajar, kurangnya minat terhadap bahan pelajaran, kurangnya keaktifan siswa serta kurangnya media atau sumber pembelajaran berupa buku paket sehingga menyebabkan siswa bergantung kepada guru serta siswa belum dapat belajar secara mandiri dan yang disediakan hanyalah berupa LKS yang didalamnya hanya tertera ringkasan materi dalam skala kecil. Serta dalam kegiatan mengajar guru cenderung menggunakan metode ceramah. Hal ini menyebabkan siswa menjadi kurang aktif dalam proses belajar. Sesuai dengan pokok permasalahan yang dikaji, penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan pendekatan kualitatif yang mempunyai sifat deskriptif. Untuk memperoleh data dalam pengumpulan data penelitian ini digunakan tiga teknik, yaitu ; wawancara mendalam (in depth interview), observasi partisipan (participant observation), dan studi dokumentasi (study of documents). Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif, yaitu data yang terkumpul dideskripsikan. Secara rinci langkah-langkah analisis data penelitian sebagai berikut, pertama adalah persiapan penelitian, meliputi: (a) pengumpulan data, (b) pengorganisasian dan pengelompokan data yang dikumpulkan sesuai dengan sifat kategori yang ada. Kedua adalah analisis data yang dilakukan melalui empat tahap, yakni (a) reduksi data, (b) sajian data, (c) penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa aktifitas siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran mengalami kenaikan. Pada siklus I prosentase keaktifan siswa adalah 66%, sedangkan pada siklus II menjadi 80%. Hal ini disebabkan antara lain pada siklus I kurangnya motivasi belajar anak, juga kreatifitas guru yang kurang maksimal dalam memberdayakan anak dalam proses pembelajaran di kelas. Intinya bahwa melalui metode menghafal dapat meningkatkan prestasi belajar. Tentunya harus didukung dengan sarana prasarana pembelajaran serta kreatifitas guru dalam mengelola kelas agar prestasi anak terus dapat ditingkatkan secara maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Hafalan; Metode Penugasan; Al-Qur’an Hadits; Prestasi Belajar
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 23 Dec 2013 08:30
Last Modified: 23 Dec 2013 08:30
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1168

Actions (login required)

View Item View Item