Studi analisis pemikiran Khaled M. Abou el Fadl tentang hadits Abu Hurairah dalam masalah isteri menolak ajakan suami ke tempat tidur

Zen, Muhammad (2008) Studi analisis pemikiran Khaled M. Abou el Fadl tentang hadits Abu Hurairah dalam masalah isteri menolak ajakan suami ke tempat tidur. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of Skrpsi_2102090_Muhammad Zen]
Preview
Text (Skrpsi_2102090_Muhammad Zen)
2102090_Muhammad_Zen.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dunia timur saat ini disibukkan adanya tuntutan hak asasi perempuan dan ingin mendapatkan kesetaraan layaknya seorang laki-laki. Mereka memandang hukum Islam belum dan tidak memihak kaum perempuan dan mengatakan kaum laki-laki adalah superioritas. Sementara yang lain akibat ketidaktahuan dan keacuhan terhadap Islam, mereka menyatakan bahwa Islam adalah musuh wanita karena merendahkan perempuan. Padahal realitas yang ada seorang perempuan banyak yang lebih mampu dari laki-laki.
Al-Qur'an sesungguhnya adalah tegaknya kehidupan manusia yang bermoral luhur dan menghargai nilai-nilai kemanusiaan universal (humanisme universal). Karena al-akhlaq sesungguhnya adalah nilai-nilai dasar yang melekat pada manusia sejak penciptaan. Kata akhlaq adalah bentuk plural dari kata al-khuluq yang memiliki akar kata yang sama dengan al-khalq (penciptaan), al-khaliq (pencipta), dan al-makhluq (yang diciptakan).
Dalam kaitannya dengan persoalan relasi laki-laki dan perempuan, prinsip dasar al-Qur'an sesungguhnya memperlihatkan pandangan yang egaliter. Sejumlah ayat al-Qur'an yang mengungkapkan prinsip ini dapat kita baca :
Hak-hak dan kewajiban secara ringkas terfokus pada satu kata yaitu:" mu'asyarah bil ma'ruf" (pergaulan yang baik/ patut).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana pemikiran Khaled M. Abou el Fadl tentang hadits Abu Hurairah dalam masalah isteri menolak ajakan suami ke tempat tidur, 2) Apa dasar hukum Khaled M. Abou el Fadl dalam mengkritisi Abu Hurairah dalam masalah isteri menolak ajakan suami ke tempat tidur. Penelitian ini merupakan penelitian kajian pustaka (Library research) di mana peneliti ini berusaha utuk mengumpulkan berbagai informasi, dengan cara membaca, menelaah buku-buku dan artikel-artikel yang berkaitan dengan tema penelitian ini. Penelitian ini menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dan perilaku orang yang dapat diamati. Sedangkan metode analisis data adalah : a) Metode Hermeneutik, metode ini bertujuan untuk memahami pemikiran seorang tokoh yang memuat tiga aspek penting yaitu makna teks, seorang pengarang, dan seorang pembaca. b) Metode Kritik Hadits, tujuan metode ini adalah untuk mengetahui bobot sebuah hadits yang mencakup kualitas sanad, kualitas matan, kualitas rawi. Maka sangat diperlukan studi kritik sanad dan matan hadits.
Hasil penelitian dalam skripsi ini menunjukkan hadits-hadits Abu Hurairah tentang pernyataannya; “jika isteri menolak ajakan suami ke tempat tidur, maka malaikat akan melaknatnya hingga fajar”. Hadits Abu Hurairah tidak dapat ditumbangkan oleh metode analisis pemikiran Khaled M. Abou el Fadl karena terbukti hadits-hadits Abu Hurairah mempunyai kekuatan hukum yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim dalam dua kitab shahihnya. Serta tidak satu pun muhadditsin yang mengatakan hadits ini dha’if dan dari segi sanad, matan serta perawinya tidak terputus dan tsiqah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Studi hadis; Hubungan suami istri
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.125 Hadits > 297.1251 Study of Text of Hadith
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.57 Religious experience, life, practice > 297.577 Marriage and family life
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal al-Syakhsiyyah)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 09 Nov 2020 07:13
Last Modified: 09 Nov 2020 07:13
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11707

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics