Studi analisis terhadap penerapan dalil-dalil syariah dalam keputusan Munas alim ulama Nahdlatul Ulama nomor: 005/MUNAS/11/1997 tentang reksa dana

Rosyadi, Afina Uly (2008) Studi analisis terhadap penerapan dalil-dalil syariah dalam keputusan Munas alim ulama Nahdlatul Ulama nomor: 005/MUNAS/11/1997 tentang reksa dana. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2103140_AFINA]
Preview
Text (Skripsi_2103140_AFINA)
2103140_AFINA_ULY_ROSYADI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Nahdlatul Ulama sebagai organisasi sosial keagamaan di Indonesia ikut andil dalam merespon berbagai persoalan yang berkembang dalam masyarakat sekaligus memberikan solusinya sebagai panduan bagi masyarakat pada umumnya dan warga nahdliyin pada khususnya. Salah satu persoalan yang mendapatkan perhatian dan pemecahan adalah masalah Reksa Dana sebagaimana telah dibahas dalam forum bahstul masail dan telah menjadi keputusan Munas Alim Ulama Nahdlatul Ulama tahun 1997. Nahdlatul Ulama menetapkan bahwa Reksa Dana dalam pandangan Islam dapat dibenarkan, sepanjang produk-produk yang dihasilkan tidak menggunakan cara-cara yang diharamkan oleh Islam. Dalam keputusannya tentang Reksa Dana Nahdlatul Ulama mengemukakan dalil-dalil syari’ah, berupa nash Al-Qur’an, Hadits, kaidah fiqh, dan kitab-kitab fiqh.
Skripsi dengan judul Studi Analisis Terhadap Penerapan Dalil-Dalil Syariah Dalam Keputusan Munas Alim Ulama Nahdlatul Ulama Nomor: 005/Munas/11/1997 Tentang Reksa Dana ini bertujuan untuk mengetahui pandangan Nahdlatul Ulama tentang Reksa Dana dan mengetahui ketepatan penerapan dalil-dalil syari’ah dalam keputusan Munas Alim Ulama Nahdlatul Ulama tentang Reksa Dana.
Dalil-dalil Al-Qur’an dan Hadits yang digunakan Nahdlatul Ulama dalam keputusan tentang Reksa Dana masih sangat global, akan tetapi dari kandungan ayat Al-Qur’an dan Hadits tersebut memberi pemahaman tentang larangan memakan harta dengan cara yang bathil, kecuali dengan jalan perniagaan yang saling rela (An-Nisa ayat 29), kebebasan membuat akad atau transaksi sepanjang tidak menghalalkan yang haram dan mengharamkan yang halal (H.R Tirmidzi). dan larangan melakukan najasy (penawaran palsu) dalam setiap usaha yang dijalankan oleh sorang muslim. Kaidah fiqh digunakan sebagai dalil menetapkan hukum reksa dana dengan pertimbangan bahwa jual beli saham dalam Reksa Dana merupakan suatu kebiasaan (‘urf) yang dilakukan oleh para pengusaha.
Dalil-dalil yang digunakan Nahdlatul Ulama yang merujuk pada kitab-kitab fiqh sesuai dengan metode bermadzhab Nahdlatul Ulama yang menempatkan kitab-kitab mu’tabarah sebagai sebagai sumber hukum ketika permasalahan yang dihadapi tidak secara langsung ditetapkan dalam Al-Qur’an, Hadits, Ijma’dan Qiyas.
Dalil lain yang digunakan Nahdlatul Ulama dalam keputusannya tentang Reksa Dana adalah pertimbangan mashlahah (kebutuhan dan kepentingan umum). Dalam Reksa Dana terdapat beberapa kemashlahatan seperti Reksa Dana memberikan keuntungan kepada masyarakat berupa keamanan dan keuntungan materi yang meningkatkan kesejahteraan material saling memberi keuntungan diantara para pelakunya, meminimalkan risiko dalam pasar modal. Di samping itu, Reksa Dana juga memiliki andil dalam memajukan perekonomian nasional karena dapat memobilisasi dana untuk pertumbuhan dan pengembangan perusahaan-perusahaan nasional, baik BUMN maupun swasta.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Reksa dana; Musyawarah nasional; Alim ulama; Nahdhatul Ulama (NU)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 18 Nov 2020 07:14
Last Modified: 17 Jul 2021 13:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11745

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics