Implementasi fatwa DSN-MUI no. 21/DSN-MUI/X/2001 tentang pedoman umum asuransi syari’ah di Asuransi Syari’ah Mubarakah Cabang Semarang

Syukron, Muhammad (2008) Implementasi fatwa DSN-MUI no. 21/DSN-MUI/X/2001 tentang pedoman umum asuransi syari’ah di Asuransi Syari’ah Mubarakah Cabang Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2103237_Muhammad_Syukron]
Preview
Text (Skripsi_2103237_Muhammad_Syukron)
2103237_MUHAMMAD_SYUKRON.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Bahwasannya asuransi pada masa ini sudah tidak lagi berorientasi secara murni (pure) terhadap semangat tolong-menolong dan lebih dari itu lembaga asuransi telah mengubah dirinya sebagai salah satu mesin ekonomi dunia modern. Hal ini merupakan konsekuensi logis dari diterapkannya paham kapitalisme dengan berbagai instrument yang mendukungnya, sehingga dalam kondisi ini terjadi pelencengan misi, yaitu asuransi telah terbelenggu dalam rantai kapitalis-materialis.
Asuransi Syari’ah Mubarakah Cabang Semarang merupakan salah satu instansi asuransi syari’ah yang tergolong masih baru, yang mempunyai misi menjadi perusahaan asuransi syari’ah nasional yang paling efisien, paling aman dan terpercaya sehingga mampu memberikan manfaat yang berarti dan perlindungan yang paling aman kepada setiap nasabahnya. Dan dengan melihat hal tesebut, maka penulis ingin mengetahui bagaimana implementasi fatwa DSN-MUI tentang Pedoman Umum Asuransi Syari’ah dan pelaksanaan produk yang ada di Asuransi Syari’ah Mubarakah Semarang.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian yang dilakukan di Asuransi Syari’ah Mubarakah Cabang Semarang, untuk memperoleh data yang valid dan dalam penyusunannya penulis menggunakan sumber data primer dan sekunder. Data tersebut penulis kumpulkan melalui metode interview, dokumentasi dan observasi, serta analisa datanya adalah analisa deskriptif eksploratif yang bertujuan untuk menguraikan penelitian yang apa adanya.
Asuransi Syari’ah Mubarakah Cabang Semarang dalam kinerjanya berpedoman pada fatwa DSN-MUlI No. 21/DSN-MUI/X/2001 tentang Pedoman Umum Asuransi Syari’ah, dan dalam operasionalnya implementasi fatwa tersebut telah terealisir. Selain itu Asuransi Syari’ah Mubarakah Cabang Semarang juga menerapkan prinsip-prinsip yang sesuai dengan prinsip dasar asuransi syari’ah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI); Dewan Syariah Nasional (DSN); Asuransi syariah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 01 Dec 2020 04:34
Last Modified: 17 Jul 2021 13:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11778

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics