Penerapan Metode CTL Belajar Aqidah Akhlak Materi Akhlak Terpuji dan Akhlak Tercela pada Siswa Kelas III MI Mojoagung Kecamatan Plantungan Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2011

Ahmad, Thoib (2012) Penerapan Metode CTL Belajar Aqidah Akhlak Materi Akhlak Terpuji dan Akhlak Tercela pada Siswa Kelas III MI Mojoagung Kecamatan Plantungan Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093911220_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (889kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911220_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911220_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911220_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911220_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911220_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911220_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (15kB) | Preview

Abstract

Menurut pengamatan peneliti selama ini pembelajaran Aqidah akhlak MI Mojoagung Kecamatan Plantungan Kabapaten Kendal menjumpai adanya beberapa permasalahan diantaranya adalah kurangnya guru dalam menggunakan pendekatan dan metode yang tepat sehingga siswa kurang aktif dan bergairah dalam mengikuti pembelajaran di kelas sehingga hasil belajar yang diharapkan belum maksimal. Masih banyak siswa yang nilainya dibawah standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sehingga hasil belajar siswa menjadi rendah. Hal tersebut yang menjadi alasan peneliti menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran Aqidah Akhlak. Pendekatan Contextual Teaching and Learning adalah konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi ajar dengan dunia nyata siswa, yang dapat mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Dengan demikian hasil belajar akan lebih bermakna bagi siswa.Dalam proses pendekatan pembelajaran Kontekstual (CTL) peserta didik akan belajar dengan baik jika yang dipelajari terkait dengan apa yang diketahui dan kegiatan yang akan terjadi di sekelilingnya. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa melalui penerapan pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas III MI Miftakhul ‘Ulum ini sangat bermanfaat. Hal ini terbukti adanya peningkatan hasil belajar. Nilai rata-rata sebelum penerapan CTL adalah 59,2 kemudian meningkat menjadi 71,8. Dan hasil prosentase dari 36 % meningkat menjadi 89 %. Dengan hasil tersebut dapat dijadikan sebagai rujukan bagi guru untuk lebih meningkatkan kinerjanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kontekstual; Aqidah Akhlak; Contextual Teaching and Learning (CTL)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 24 Dec 2013 03:13
Last Modified: 24 Dec 2013 03:13
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1178

Actions (login required)

View Item View Item