Pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar pendidikan agama islam siswa kelas ii SLTP Hasanuddin 6 Semarang

Hermawan, Ady Priyo (2007) Pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar pendidikan agama islam siswa kelas ii SLTP Hasanuddin 6 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN WALISONGO.

[thumbnail of NIM_3100003_Skripsi_lengkap]
Preview
Text (NIM_3100003_Skripsi_lengkap)
310003 fullpdf.pdf - Accepted Version

Download (939kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui kategori tingkat kedisiplinan belajar
siswa kelas II SLTP Hasanuddin 06 Semarang. 2) Untuk mengetahui seberapa
besar pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama
Islam siswa kelas II SLTP Hasanuddin 06 Semarang. 3) Untuk mengetahui
disiplin belajar PAI peserta didik kelas II SLTP Hasanuddin 06 Semarang.

Jenis penelitian ini menggunakan field research (peneliti lapangan) dengan teknik
korelasi. Subyek penelitian sebanyak 45 responden menggunakan teknik
pengumpulan data sebanyak dengan angket, dokumentasi dan pengambilan
sampel pengumpulan data/ angket untuk menjaring data X dan kuesioner untuk
menjaring data y, instrumen angket sebelum digunakan untuk mendapatkan data
yang obyektif terlebih dahulu dilakukan pengujian validitas, reliabilitas, dan taraf
kesukaran.

Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis
statistik pengujian hipotesis penelitian menggunakan korelasi product moment.
Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif
antara kedisiplinan belajar dengan prestasi belajar pendidikan Agama Islam,
ditunjukkan oleh koefisien korelasi rxy = 0,7053 dengan rt. Pada taraf signifikan
1% dan kkoefisien korelasi rt = 0,202 pada taraf signifikan 5% dan terhitung
5,4341 dengan tabel (0,01)x5 = 2,690, ttabel = (0,05)45 = 2,014.

Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan
masukan bagi kegiatan belajar mengajar di sekolah, para siswa dan para tenaga
mengajar mata pelajaran PAI terutama dalam meningkatkan kedisiplinan belajar
pada anak didiknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: kedisplinan; belajar; pendidikan agama islam, Prestasi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Chusnul Adib Achmad
Date Deposited: 07 Dec 2020 05:27
Last Modified: 03 Jul 2021 02:46
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11783

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics