Tinjauan hukum Islam terhadap praktek paid to click (PTC) : studi kasus di www.donkeymails.com

Permana, Yoni Arief (2008) Tinjauan hukum Islam terhadap praktek paid to click (PTC) : studi kasus di www.donkeymails.com. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_2104079_Yoni_Arief_Permana]
Preview
Text (Skripsi_2104079_Yoni_Arief_Permana)
2104079_YONI_ARIEF_PERMANA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Perkembangan zaman nampaknya diikuti oleh perkembangan teknologi. Hal ini terbukti dengan hadirnya internet yang dapat membawa kemudahan berkomunikasi pada manusia. Perkembangan internet sendiri di Indonesia mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Sekali lagi bahwa internet dinilai sebagai media yang efektif dalam mencari informasi di berbagai bidang. Bidang sosial, politik, hukum, ekonomi dan bisnis dan lain-lain semua dapat diakses dengan mudahnya dalam hitungan detik.
Internet sebagai media yang efektif dalam dunia bisnis (khususnya dalam bidang pemasaran), tidak lepas dari pandangan para pelaku bisins untuk memasarkan produk-produk yang dihasilkan. Berbagai model penawaran produk dikonsep oleh para pelaku bisnis dikeluarkan guna merebut segmen pasar. Paid to Click (PTC) merupakan salah satu dari beberapa program di internet yang mempunyai konsep memberikan hadiah kepada para pengguna internet apabila membuka iklan yang disampaikan oleh perusahaan iklan melalui situs tertentu. Meskipun hadiah yang diberikan tidak terlalu besar, namun pada kenyataannya donkeymails (salah satu situs PTC) mempunyai jumlah anggota yang mengalami kenaikan cukup signifikan. Dari keterangan ini, penulis ingin mengetahui bagaimana mekanisme yang diterapkan oleh situs donkeymails.com sebagai penyedia program PTC serta bagaimana pandangan hukum Islam terhadap praktek program PTC ini.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian lapangan (field research), dan jika mengacu pada pokok permasalahan dan tujuan penelitian, maka penelitian ini termasuk penelitian studi kasus (case study). Sedangkan dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode wawancara dan metode observasi, sekaligus penulis juga berpartisipasi dalam program PTC ini. Penulis menganalisis data ini dengan menggunakan metode deskriptif analitik, yakni menggunakan dengan cara menganalisis data yang diteliti dengan memaparkan data-data tersebut kemudian diperoleh kesimpulan. Jika dikorelasikan dalam Islam, perkembangan bisnis yang terbilang baru ini dapat dikatakan sebagai akad hadiah, yaitu member diberi hadiah oleh perusahaan iklan dengan disyaratkan memberikan imbalan atau kompensasi berupa mengeklik iklan-iklan yang telah disediakan oleh situs.
Dari hasil penelitian yang dilakukan penulis, pelaksanaan PTC di donkeymails.com ini tidak menyimpang dengan Hukum Islam karena rukun dan persyaratannya semua telah terpenuhi, dan terbebas dari unsur diskriminasi terhadap member (penerima hadiah) karena dilakukan dengan suka sama suka serta tidak terdapat unsur gharar karena dari informasi yang penulis dapat belum pernah ada pihak yang mengaku dikecewakan oleh donkeymails dan sampai saat ini situs ini terbukti membayar kepada membernya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hukum ekonomi Islam; Paid to click; Perdagangan online
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 01 Dec 2020 07:12
Last Modified: 01 Dec 2020 07:12
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11788

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics