Penerapan Pembelajaran Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar di Kelas VA MI Nurul Hidayah Margohayu Karangawen Demak Tahun Ajaran 2011/2012

Musyayadah, Musyayadah (2012) Penerapan Pembelajaran Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar di Kelas VA MI Nurul Hidayah Margohayu Karangawen Demak Tahun Ajaran 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093911221_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911221_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911221_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (621kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911221_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911221_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911221_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911221_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (11kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran matematika di Kelas VA MI NURUL Hidayah Margohayu Karangawen Demak yang masih menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan latihan soal sehingga kemampuan siswa menjadi tidak merata dan menjadi pasif. Ini bisa dilihat dari tingkat ketuntasannya dengan KKM 70 hasil belajar matematika dari tahun ke tahun hanya pada kisaran 40 - 45% dari jumlah siswa yang tuntas. Untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi matematika adalah tutor sebaya karena merupakan bimbingan pembelajaran dalam bentuk pemberian bimbingan, bantuan, petunjuk, arahan dan motivasi agar para siswa belajar secara efektif dan efisien. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimana penerapan pembelajaran tutor sebaya pada mata pelajaran matematika materi bangun datar di kelas VA MI Nurul Hidayah Margohayu Karangawen Demak? 2) Apakah pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar aspek kognitif dan afektif bidang studi matematika materi bangun datar di kelas VA MI Nurul Hidayah Margohayu Karangawen Demak? Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi dikelas dan dokumentasi hasil tindakan yang dilakukan maupun data tentang gambaran, dengan penelitian tindakan ini akan diketahui peningkatan atau penurunan setelah tindakan kelas dilakukan persiklus. Hasil Penelitian Menunjukkan: Pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar aspek kognitif dan afektif bidang studi matematika materi bangun datar di kelas VA MI NURUL Hidayah Margohayu Karangawen Demak, hal dapat di lihat dari peningkatan hasil belajar per siklus dimana pada pra siklus ada 8 siswa atau 38% dengan rata-rata kelas 57.14 setelah menggunakan metode tutor sebaya pada siklus I menjadi 13 siswa atau 62% dengan rata-rata kelas 69.05 dan diperbaiki lagi pada siklus II ketuntasan sudah mencapai 18 siswa atau 86% dengan rata-rata kelas 81.43. Sedangkan proses keaktifan siswa juga mengalami kenaikan dimana pada siklus I ada 10 atau 48% yang mengalami kenaikan pada siklus II menjadi 19 atau 91%.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Matematika Bangun Datar; Model Pembelajaran; Tutor Sebaya; Hasil Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 512 Algebra and number theory
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 24 Dec 2013 03:14
Last Modified: 24 Dec 2013 03:14
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1179

Actions (login required)

View Item View Item