Konsep Pendidikan Humanistik Ki Hajar Dewantara dalam Pandangan Islam
Eko Putri, Intan Ayu (2012) Konsep Pendidikan Humanistik Ki Hajar Dewantara dalam Pandangan Islam. Masters thesis, IAIN Walisongo.
Intan_Tesis_Sinopsis.pdf - Accepted Version
Download (348kB) | Preview
Intan_Tesis_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (210kB) | Preview
Abstract
Pendidikan yang menjadi cita-cita Ki Hajar Dewantara adalah membentuk
anak didik menjadi manusia yang merdeka lahir dan batin. Konsep pendidikan
menurut Ki Hajar Dewantara ini sesuai dengan konsep pendidikan humanistik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan humanistik Ki Hajar
Dewantara, untuk mengetahui pendidikan humanistik Ki Hajar Dewantara dalam
pandangan Islam, dan untuk mengetahui kontribusi pendidikan humanistik Ki
Hajar Dewantara terhadap pendidikan nasional.
Penelitian ini merupakan library research dengan menggunakan
pendekatan historis. Sumber data yang digunakan berupa sumber primer, meliputi
karya yang ditulis oleh Ki Hajar Dewantara sendiri, dan sumber sekunder,
meliputi karya tentang Ki Hajar Dewantara yang ditulis orang lain. Dalam
menganalisis data yang telah terkumpul, peneliti akan menggunakan content
analisys (analisis kandungan pemikiran).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemikiran humanistik Ki Hajar
Dewantara dalam pendidikan, yaitu dengan memposisikan pendidikan sebagai
penuntun. Pemikiran pendidikan humanistik Ki Hajar Dewantara dapat dilihat dari
pandangan Ki Hajar Dewantara tentang konsep manusia dan pendidikan
Pendidikan humanistik Ki Hajar Dewantara menurut pandangan Islam
antara lain meliputi: a)hakekat manusia yang memiliki kodrat alam yang
merupakan potensi dasar manusia yang disejajarkan dengan fitrah manusia; b)
Tujuan pendidikan Ki Hajar Dewantara jika dilihat dalam pandangan Islam adalah
menjadi manusia yang merdeka dan mandiri sehingga menjadi pribadi yang
membuatnya menjadi insan kamil dan mampu memberi konstribusi kepada
masyarakatnya; c) konsep Tut Wuri Handayani yang merupakan bagian dari
metode among dalam Islam sama dengan metode keteladanan, metode kisah,
metode nasehat, dan metode targhib dan tarhid; d) Pendidikan budi pekerti Ki
Hajar Dewantara dalam Islam sama dengan pendidikan akhlak sehingga seseorang
menjadi manusia yang dapat menghormati dan menghargai manusia lainnya dan
dapat tercipta pendidikan humanistik.
Kontribusi pendidikan humanistik Ki Hajar Dewantara terhadap
pendidikan nasional antara lain sebagai peletak dasar pendidikan nasional,
pencetus konsep pendidikan demokrasi dalam pendidikan yang semuanya
terformulasikan dalam slogan pendidikan nasional Tut Wuri Handayani.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Humanistik; Pendidikan Islam; Humanistic Education; Islamic Education |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Master (S2) |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 16 Oct 2013 09:23 |
Last Modified: | 16 Oct 2013 09:23 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/118 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year